Empat Tanda Hormon Tidak Seimbang

tanda hormon dalam tubuh anda tidak seimbang
Bukan hanya mempengaruhi wanita hamil atau menopause, ketidakseimbangan hormon juga mampu memberikan masalah kesehatan fisik maupun mental bagi semua wanita, tanpa pandang usia. 

Tubuh kita sendiri memproduksi beragam hormon yang mengatur hampir seluruh aktivitas kita mulai dari makan, berpikir, mengatasi stres, mengelola berat badan, dan tidur. Ketidakseimbangan hormon sendiri bisa memberikan konsekuensi yang cukup berpengaruh, seperti mudah tersinggung, hingga cepat lelah. 

Berikut adalah empat tanda hormon tak seimbang

Kelelahan 


Kelelahan memang memiliki banyak penyebab. Namun, jika kita merasa terlalu lelah hingga tidak sanggup beraktivitas sepanjang hari, merasa lesu dan tidak "mood", hal itu bisa menjadi gejala tiroid yang kurang aktif. Ini biasanya disertai juga dengan kenaikan berat badan. 

Jerawat dan perubahan kulit 


Hampir setengah dari perempuan memiliki jerawat sebelum mengalami menstruasi. Hal ini terjadi karena hormon sedang tidak stabil. Namun, jika jerawat jadi semakin parah dan tak hilang dalam waktu sebulan atau lebih, kemungkinan ini disebabkan oleh hormon yang tak seimbang. Pasalnya, munculnya banyak jerawat pada wanita ini disebabkan oleh peningkatan hormon testosteron. 

Berat badan naik 


Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat bisa menyebabkan berat badan naik. Namun selain itu, hormon yang tidak seimbang juga bisa membuat orang kesulitan mengontrol berat badan. Akibatnya, tubuh pun memproduksi banyak kortisol-hormon stres yang mengakibatkan kita ingin mengonsumsi lebih banyak makanan berkalori dan berlemak. 

Menstruasi tak teratur 


Menstruasi yang tak teratur bisa disebabkan oleh banyak hal seperti stres. Namun hormon yang tak seimbang seperti estrogen yang rendah, masalah tiroid, dan adanya kista juga bisa menyebabkan menstruasi tak teratur. 

Adapun tanda hormon tak seimbang lainnya bisa dilihat dari peningkatan rasa cemas, insomnia, tumbuhnya rambut di wajah, berkeringat di malam hari, dan masalah pencernaan. (intisari)


BACA JUGA : 

Lima Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh 

Daftar Makanan untuk Meningkatkan Metabolisme 

Daftar Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Tubuh Setiap Hari 

4 Kebiasaan yang Merusak Metabolisme Tubuh
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.