Daftar Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Tubuh Setiap Hari

daftar nutrisi dibutuhkan tubuh setiap hari
Pasokan nutrisi memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk membantu mengoptimalkan fungsi tubuh dengan tepat. Tetapi apa saja si nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita?

Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang di butuhkan oleh sistem dalam tubuh manusia untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan kesehatan. Nutrisi bagi tubuh juga penting untuk menentukan diet yang optimal untuk menurunkan kelebihan berat badan seseorang. Namun masih banyak diantara kita yang belum mengetahui nutrisi-nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut 5 nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan energi :

Vitamin E


Manusia membutuhkan kalsium, folat, dan vitamin C, akan tetapi menurut data statistik kebanyakan orang mengabaikan bahkan kekurangan vitamin E yang sebenarnya juga penting, terutama jika sedang berdiet.

Fakta


Data kesehatan menyebutkan bahwa sebanyak 28% orang tidak mendapatkan cukup vitamin E.

Mengapa tubuh memerlukan 15mg vitamin E per hari


Tubuh membutuhkan setidaknya 15 mg vitamin E setiap hari, yang berguna untuk melindungi tubuh terhadap risiko penyakit jantung dan dapat meningkatkan imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh. Vitamin E biasanya banyak ditemukan dalam makanan nabati alami kaya lemak seperti minyak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Zat Besi


Fakta


Menurut data kesehatan sebanyak 12% orang kekurangan zat besi.

Mengapa tubuh memerlukan 18mg zat besi 


18mg zat besi per hari dapat membantu memberikan pasokan oksigen keseluruh tubuh Anda.

Mengapa tubuh kekurangan zat besi


Zat besi banyak ditemukan dalam makanan hewani sepeti daging sapi, domba, atau unggas yang bisa langsung diserap oleh tubuh. Jika Anda kekurangann zat besi, berarti Anda mengonsumsi makanan tanpa daging. Menurut Stella Lucia Volpe, PhD, RD, profesor dari University of Pennsylvania School of Nursing, zat besi yang terkandung dalam sayuran, kurang efisien untuk diserap oleh tubuh. 

Cara mendapatkan nutrisi zat besi 


Cobalah menambahkan beberapa porsi hewani perhari dalam makanan Anda. Daging sapi adalah sumber yang baik dibandingkan ayam. Selain itu 10 kerang rebus juga sumber zat besi yang baik karena mengandung 26.6mg zat besi dan hanya 141 kalori. 

Potasium 


Fakta 


Sebagian besar dari kita mengkonsumsi kurang dari setengah nilai yang tercatat dalam Recommended Daily Allowance (RDA) untuk potasium. 

Mengapa tubuh memerlukan 4.700mg potasium per hari 


Nilai potasium yang harus kita konsumsi per hari tersebut, dapat membantu tubuh dalam hal kontraksi otot dan mengatur keseimbangan cairan serta mineral saat Anda sedang berkeringat. 

Mengapa tubuh kekurangan potasium 


Kalium banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran, jika Anda kekurangan nutrisi potasium, berarti Anda kurang cukup mengkonsumsi buah dan sayur. 

Cara mendapatkan nutrisi potasium 


Anda bisa mencoba membuat makanan dengan bahan yang banyak mengandung potasium seperti misalnya kentang panggang (926mg), buncis (502mg per setengah cangkir), dan saus tomat (435mg per setengah cangkir). 

Zinc 


Fakta 


Menurut data kesehatan, masih banyak orang yang mengalami kekurangan nutrisi zinc dalam tubuhnya, kekurangan nutrisi zinc pada tubuh dapat menghambat metabolisme dalam tubuh Anda. 

Mengapa tubuh memerlukan 8mg zinc per hari 


Para ahli kesehatan sepakat bahwa 8mg nutrisi zinc perhari dapat membantu mengatur metabolisme tubuh kembali optimal. 

Mengapa tubuh kekurangan nutrisi zinc 


Zinc banyak ditemukan pada gandum atau sereal, jika Anda kekurangan zinc berarti Anda kurang mengkonsumsi sereal atau gandum perhari. 

Cara mendapatkan nutrisi zinc 


Cobalah untuk mengonsumsi secangkir kacang-kacangan yang dipanggang, karena secangkir kacang panggang dapat memasok hampir setengah nilai harian (4.2mg) untuk nutrisi zinc Anda. 

Magnesium 


Fakta 


Menurut data resmi, sebagian besar orang hanya mendapatkan 72% nutrisi magnesium yang dibutuhkan tubuh setiap hari. 

Mengapa tubuh memerlukan 320mg magnesium perhari 


320mg magnesium perhari penting untuk memproduksi energi dan mengoptimalkan fungsi otot. 

Mengapa tubuh kekurangan magnesium 


Jika tubuh Anda kekurangan magnesium, berarti Anda tidak cukup banyak mengkonsumsi makanan laut. Karena makanan laut atau ikan laut adalah sumber besar dari magnesium. 

Cara mendapatkan nutrisi magnesium 


Anda bisa mulai mencoba dengan menambahkan ikan halibut pada menu makanan Anda, karena 3 ons ikan halibut mengandung 91mg magnesium. Namun jika Anda tidak menyukai makanan laut, Anda bisa mendapatkan nutrisi magnesium dari secangkir sereal atau suplementasi dari nutrisi magnesium yang telah banyak tersedia. (duniafitnes)


BACA JUGA :

Nutrisi Tepat, Mata Sehat

Ini Dia Nutrisi Terbaik Wanita

Nutrisi Penting Bagi Perokok

Biar Tidak Gampang Sakit, Cukupi 3 Mineral Ini 

5 Cara Sehat untuk Tetap Berenergi

No comments:

Post a Comment

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.