Ini Alasan Berat Badan Ibu Harus Naik Saat Hamil

daftar alasan mengapa timbangan berat badan ibu hamil harus naik saat hamil
Tidak sedikit wanita yang khawatir tubuhnya terlalu gemuk saat hamil. Alasannya karena takut susah menurunkan berat badan setelah melahirkan. Padahal berat badan naik adalah hal yang wajar di masa kehamilan. Mengapa demikian? 

"Hal yang penting saat hamil adalah pertambahan berat badan. Kalau ibu hamil berat badannya tidak naik malah harus waspada. Di trimester 3 berat badan naik kurang dari 10 kg, itu juga harus waspada," jelas dr Widjaja Lukito, SpGK, PhD, staf pengajar di Program Pasca Sarjana Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 

Hal ini disampaikannya dalam acara Nutritalk 'Kesehatan Ibu Hamil: Membangun Landasan Bagi Kesehatan Masa Depan', di Kembang Goela, Plaza Sentral, Jl Jend. Sudirman, Jakarta, Selasa (28/1/2014). 

dr Widjaja menjelaskan ada berbagai alasan mengapa berat badan ibu harus naik selama masa kehamilan, yaitu: 

1. Untuk penyimpanan lemak (maternal fat) yang akan menjadi makanan paling bagus untuk bayi (berat badan naik sekitar 3,1 kg). 

2. Karena pembesaran rahim dan persiapan menyusui (berat badan naik 1,8 kg). 

3. Karena pertambahan darah (berat badan naik 1,3-1,8 kg) 

4. Adanya pertumbuhan janin (berat badan naik sekitar 3,1 kg). 

5. Adanya plasenta, air ketuban dan cairan lainnya (berat badan naik sekitar 3,6 kg). 

"Bila sebelum hamil berat badan ibu normal, peningkatan berat badan selama kehamilan rata-rata 12 kg (hingga trimester 3)," tambah dr Widjaja. 

Kurangnya berat badan ibu selama kehamilan, menurut dr Widjaja bisa mengidentifikasikan adanya kekurangan gizi atau malnutrisi yang dapat berakibat buruk pada pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim. Kekurangan gizi pada ibu hamil bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah (kurang dari 2500 gram) atau lahir secara prematur.

"Maka setiap kontrol ke dokter jangan lupa tanyakan apakah kenaikan berat badan ibu sesuai atau tidak," tegas dr Widjaja. (detikhealth)


BACA JUGA :

Makanan-makanan yang Harus Dihindari Selama Trimester Awal Kehamilan

Hindari Ini Selama Hamil

Hamil Muda, Bolehkah Berpuasa?

Makanan Melawan Lelah Saat Hamil 

Paket Kesuburan dan Mempercepat Kehamilan dengan Produk Tiens
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.