Hamil Muda, Bolehkah Berpuasa?

nutrisi puasa untuk ibu hamil, obat tiens untuk puasa ibu hamil
Meskipun ibu hamil memiliki dispensasi untuk tidak berpuasa, tak sedikit ibu hamil yang merasa sanggup menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. 

Sebenarnya asalkan kondisi kehamilan sehat, ibu hamil bisa tetap berpuasa. Namun, jika Anda mengalami mual muntah berlebihan yang umumnya dialami ibu hamil di trimester satu, lebih baik keinginan berpuasa ditunda dulu. 

"Pada trimester awal bumil sering merasa mual, pusing, lemas, dan muntah. Kalau begini sebaiknya jangan dulu berpuasa," kata ahli kandungan, dr Taufik Jamaan, SpOG pada seminar publik PB-IDI bertema "Puasa Keadaan Lapar yang Menyehatkan" yang diadakan di Jakarta. 

Ibu hamil di trimester satu juga mengalami perubahan hormonal yang bisa berakibat naiknya produksi asam lambung sehingga timbul rasa mual dan muntah. 

"Jika mual dan muntah terus berulang, bumil berisiko kekurangan nutrisi dan mengalami dehidrasi. Padahal, trimester pertama merupakan masa pembentukan otak dan jaringan saraf," katanya. 

Kekurangan nutrisi di awal kehamilan bisa berakibat jangka panjang karena pembentukan saraf menjadi tidak sempurna. Oleh karena itu, jika ibu hamil ingin berpuasa, wajib diperhatikan asupan gizi saat sahur dan berbuka puasa. 

"Kalaupun mau puasa biasanya kita sarankan selang seling, satu hari puasa, besoknya tidak," kata Taufik. 

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah tubuh dalam kondisi yang fit. Ibu hamil yang merasa pusing, lemas berlebihan, dan berkeringat dingin saat berpuasa disarankan untuk segera berbuka. Ibu hamil yang menderita penyakit tertentu, seperti diabetes melitus, hipertensi, atau perdarahan, juga tidak disarankan berpuasa. 

"Perdarahan biasanya dialami ibu yang terlalu memaksakan diri. Ibu dengan kondisi tersebut, jika tetap ingin puasa, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu untuk memastikan kesiapan berpuasa," katanya. 

Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, Taufik menyarankan agar ibu hamil mempersiapkan diri minimal sebulan sebelum puasa. 

"Kalau memang siap tentu boleh, namun jika tidak sebaiknya jangan memaksa," pungkasnya. (kompas)


BACA JUGA : 

Tiens Spirulina Capsules ~ Suplemen ANDALAN di BULAN PUASA 

Makanan Melawan Lelah Saat Hamil 

Paket Kesuburan dan Mempercepat Kehamilan dengan Produk Tiens
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.