Diet Tepat, Tulang Kuat dan Sehat

tips, diet, tepat, membuat, tulang, sehat, kuat
Beberapa penemuan terakhir tentang osteoporosis melahirkan program diet yang bisa digunakan untuk mencegah osteoporosis

Studi dari Tufts University, Boston, misalnya, menyatakan bahwa diet tinggi karbohidrat dan rendah buah dan sayuran kemungkinan akan membuat tulang lemah. Pasalnya, proses pencernaan karbohidrat di dalam perut akan mengubah kondisi perut menjadi asam. 

“Dan lingkungan asam yang tinggi akan melarutkan kalsium dari tulang,” kata Bess Dawson-Hughes, salah seorang peneliti. “Sebaliknya, buah-buahan dan sayuran akan membuat lingkungan yang ramah alkalin untuk tulang.” 

Dalam studinya, Dawson-Hughes mengatakan, suplemen alkalin mengurangi kadar kalsium para sukarelawan sebanyak 20%. Suplemen tersebut saat ini memang belum bisa didapat di pasaran, tetapi Anda dapat mendapatan manfaat yang sama dengan mengolah diet yang tepat, katanya. 

Sertakan setidaknya dua porsi sayuran dan buah-buahan yang disajikan dalam setiap makan, dan asupan karbohidrat (roti, sereal, pasta) tak lebih dari dua kali sehari dalam makan. Untuk mempertahankan kekuatan tulang, ganti makanan penghasil asam dengan makanan peningkat alkalin. Gantilah pasta dengan kentang, minuman ringan dengan jus buah, daging telur dengan tahu, bir dengan wine, kacang dengan kismis. 

Penelitian lain juga membuktikan, satu dari tiga laki-laki di atas 60 tahun terserang osteoporosis. Dan jika mereka menderita patah tulang, kemungkinan meninggal akan meningkat dibandingkan wanita penderita osteoporosis. 

Sementara itu, riset yang dilakukan Garvan Institute, Sidney, menunjukkan bahwa laki-laki yang menderita kanker prostat menghadapi risiko 50% lebih tinggi mengalami patah tulang. Yang menarik, kata Tuan Nguyen, associate professor yang memimpin studi, “Kepadatan mineral tulang yang tinggi tidak melindungi dari patah tulang.” (readersdigest)


BACA JUGA : 

Tulang Sehat Cegah Kegemukan 

6 Makanan Tinggi Kalsium Penguat Tulang 

Tulang Kuat Hingga Tua 

Komentar Para Dokter Tentang Suplemen Kalsium Terbaik di Dunia Tiens Nutrient Calcium Powder (NHCP)
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.