Fakta Penting Soal Kalsium


Sebagian besar dari kita mengasosiasikan kalsium dengan kesehatan tulang. Padahal, kalsium juga penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf, pembuluh darah, dan kontraksi otot.

Berapa kebutuhan kalsium kita setiap hari? Orang dewasa membutuhkan 1.000 miligram kalsium setiap hari. Anak-anak di bawah dosis itu.  Wanita hamil dan menyusui perlu 1.500 miligram. Kebutuhan kalsium dipengaruhi oleh total nutrisi, unsur Zn (seng), magnesium (Mg), chromium (Chr), manganese ( Mn), molybdenium (Mo). Itu semua diperoleh dari menu harian, termasuk yang kaya kalsium. Kenyataannya hanya sekitar duaperlima orang Amerika yang kecukupan kalsium. (William Strain).

Beberapa fakta penting lain dari kalsium seperti berikut ini.

1. Produk susu rendah lemak ditemukan mengandung lebih banyak kalsium daripada yang lebih tinggi lemaknya. Maka, pastikan kita mengonsumsi produk susu seperti susu, yogurt, dan keju yang rendah lemak.

2. Kalsium akan diserap oleh tubuh pada malam hari. Karena pada malam hari kelenjar dan hati yang paling aktif. Itulah sebabnya susu sering dikaitkan dengan minuman yang bisa membuat tidur lebih nyenyak.

3. Meskipun saran asupan kalsium harian adalah 1.000 miligram atau lebih, jangan langsung minum banyak dalam satu waktu. Tubuh tidak bisa mengambil asupan kalsium terlalu banyak dalam sekali minum.

4. Apakah multivitamin dan suplemen zat besi dan kalsium dapat dikonsumsi secara bersamaan? Tidak. Konsumsi kalsium dan tablet vitamin lainnya harus dikonsumsi secara terpisah agar lebih mudah dicerna oleh tubuh.

5. Susu dan produk susu bukan satu-satunya sumber kalsium. Jika alergi terhadap produk susu, dapatkan kaslium dari sayuran berdaun hijau atau kacang almond.

6. Selalu minum suplemen kalsium dengan segelas air atau makanan lain. Agar nutrisi itu dapat diserap oleh tubuh dengan sempurna.

7. Kalsium membutuhkan nutrisi lain sehingga bisa dicerna dengan baik, yaitu vitamin D. Asupan vitamin D terbaik dari sinar matahari, makanan, dan suplemen sehingga tubuh tidak perlu mencuri kalsium dari tulang tubuh kita.

8. Fungsi kalsium bukan hanya untuk membangun dan memelihara keutuhan tulang-belulang dan gigi. Ia juga diperlukan oleh jantung, saraf, otot, pada pemakaian zat besi, dan pembuatan enzim. Maka, kekurangan kalsium dapat muncul pula keluhan pada organ-organ tersebut, termasuk gangguan haid, susah tidur, kesemutan, dan gangguan sendi.

9. Kalsium berada dalam keseimbangan dengan fosfor (P). Susu meningkatkan rasio kalsium berbanding fosfor. Kalsium menurun bila fosfor meningkat. Fosfor meningkat dapat diperoleh karena konsumsi minuman ringan (soft drink).

10. Kalsium dan magnesium (Mg) amat berperan untuk otot jantung. Tetapi, memilih makanan yang kaya kalsium saja belum cukup bila penyerapan kalsium tidak penuh. Tidak semua kalsium yang dikonsumsi diserap oleh tubuh. Hanya sebagian saja yang diserap usus. Kalsium susu paling banyak diserap. Dan, penyerapan kalsium ditentukan juga oleh peran vitamin C, vitamin D, protein, oxalat (sayu-mayur), phytic acid (asam fitat), asam amino lysine, dan apakah tubuh cukup bergerak (beraktivitas) agar terjadi kompresi pada tulang panjang.

11. Pengeluaran kalsium tubuh meningkat bila konsumsi protein meningkat lebih dari 95 gram protein sehari (Hellen Linkwiler). Latihan fisik yang meningkat, pengeluaran kalsium menjadi menurun. Banyak berbaring, kehilangan kalsium tubuh meningkat. 

Ayo, pastikan kebutuhan kalsium tubuh kita terpenuhi. (intisari)



BACA JUGA :

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.