Kalsium dan Kehidupan


APA ITU KALSIUM?

Kalsium adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh kita. Kalsium memegang peranan sangat penting untuk keseimbangan tubuh dan kesehatan. Salah satu fungsinya adalah membentuk tulang dan menjaganya agar tetap kuat. Sebagian orang berpendapat bahwa kalsium hanya dibutuhkan untuk tulang. Tetapi perlu diingat, kalsium bukan hanya untuk tulang.

99% kalsium berada di jaringan keras tubuh kita, seperti di tulang dan gigi. Sedangkan 1% sisanya bersirkulasi dalam darah dan ini sangat penting dalam kehidupan dan kesehatan.

Kalsium dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh, transmisi syaraf, pengaturan detak jantung, kontraksi otot, membantu pembentukan energi, membantu proses pembuahan (kehamilan), mempercepat pembekuan darah, mengaktifkan system pertahanan tubuh, dan lainnya.


PERANAN 1% KALSIUM DALAM KEHIDUPAN:

Kalsium dan Jantung

Organ jantung merupakan organ yang berpengaruh langsung terhadap hidup matinya manusia. Jika jantung tidak  berdetak, maka darah tidak mengalir, dan hidup manusia pun berakhir.

Tahukah anda yang membuat jantung bergerak ? Kalsium. Ketika jantung mengerut (constric) ion kalsium mengatur ritmenya. Jika kita lihat ke dalam sel otot jantung, kita akan melihat ketika kalsium masuk ke dalam sel, mineral ini akan mengaktifkan protein yang menyebabkan gerakan dari otot jantung, dan ini membuat otot jantung mengempis dan mengembang terus-menerus dan membuat kita tetap hidup, sehingga apabila kekurangan kalsium akan melemahkan otot jantung yang mengakibatkan penyakit jantung.

Beberapa uji membuktikan ketika kita memberikan ion kalsium kepada jantung yang lemah, jantung secara bertahap akan mendapatkan kembali tenaga. Ini menunjukkan betapa pentingnya kalsium dalam menjaga detak jantung.


Kalsium dan Gairah Seksual, Kesuburan

Dalam proses pembuahan, sperma bergerak ke ovum dengan energi yang diberikan oleh kalsium. Para ilmuwan tercengang mengetahui bahwa ternyata kalsium berada di ujung depan sperma; dan kalsium inilah yang membantu masuk ke membran sel telur.

Ketika sperma mencapai sel ovum, maka pembuahan terjadi. Selanjutnya kalsium juga berperan menciptakan calcium vibration (getaran kalsium) yang merangsang ovum untuk mampu terjadinya pembuahan.


Kalsium dan Ibu Hamil, Pertumbuhan Bayi dan Anak

Kalsium mempunyai peran yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi dalam rahim serta masa pertumbuhan anak-anak. Bayi atau anak yang kekurangan kalsium akan terhambat pertumbuhannya, daya tahun tubuh lemah, bahkan mempengaruhi kecerdasannya. Karena itu ibu hamil dan menyusui sangat membutuhkan kalsium, karena banyak sekali kalsium dari tubuhnya yang diambil untuk kebutuhan sang bayi.


Kalsium dan Rematik, kram, Sakit otot, Sakit pinggang

Stimulasi gerak otot kerangka digerakkan oleh ion kalsium, begitu juga pemadatan dan perenggangan otot kerangka. Seperti tentara, kalsium membantu semua pergerakan tubuh. Selama kontraksi otot, ketika serat syaraf di aktifkan, ion kalsium masuk ke sel. Kepadatan kalsium merupakan standar dasar yang mengatur kontraksi otot. Ion kalsium membantu otot untuk meregang, dan kejadian tersebut terjadi sangat cepat. Jika keseimbangan otot rusak karena suatu sebab, otot halus dan otot jantung menjadi tidak normal, dan mengakibatkan kita kehilangan kemampuan untuk mengontrol tubuh.


Kalsium dan Diabetes

Diabetes (kencing manis) merupakan terganggunya metabolism yang umum. Tenaga penderita akan berkurang dari hari ke hari. Melalui urin, selain gula, sejumlah kalsium juga dibuang. Kekurangan kalsium memperkuat gejala diabetes. 60% penderita diabetes menderita osteoporosis. Karena itu kekurangan kalsium juga merupakan masalah serius bagi penderita diabetes.

Penderita diabetes harus memberi perhatian lebih pada penyediaan kalsium melalui makanan atau sumber lain, untuk mengembalikan fungsi vital organnya, terutama pankreas.


Kalsium dan Saraf

Kalsium mempunyai peranan penting untuk proses pelepasan neurotransmitter. Transfer ion kalsium dari dalam dan luar sel syaraf sangat dekat berhubungan dengan mengaktifkan dan mengistirahatkan pesan otak. Ketika tubuh kekurangan kalsium, pelepasan syaraf pesan akan terhambat dan mekanisme pengaktifan atau pengistirahatan akan rusak. Sebagai akibatnya, pada anak-anak adalah kurang nyenyaknya tidur, fidgeting (gelisah), insomnia (susah tidur), dan hiperaktif (hyperactivity). 

Pada orang setengah baya dan orang tua, gejala yang muncul diantaranya : 

- kelesuan (fatigue) 
- excess sweating (banyak berkeringat) 
- lack of concetration (sulit konsentrasi) 
- poor appetite (tidak selera makan) 
- consipation (wasir) 
- diarrhoea (sering buang air besar)
- imsomnia (sulit tidur) 
- leg cramp (kaki kram)
- senile dementia (pikun) dll. 

Jika gejala tersebut muncul dan tidak diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi kalsium, akan menimbulkan penyakit lain dan mempengaruhi kesehatan. Kalsium dan sistem pertahanan tubuh secara maksimal Ketika kuman asing, virus, racun atau serangan penyakit masuk tubuh, sistem pertahanan tubuh (immune system) bereaksi sebagai pelindung dari penyerang dan menolak unsur asing yang masuk. Ion kalsiumlah yang pertama kali memberikan tanda bahaya tentang unsur asing tersebut dan memerintahkan system kekebalan tubuh untuk bereaksi dan menaklukan musuh dengan mengubah bentuk dan menghancurkannya.

Ketika orang kekurangan kalsium, system kekebalan akan kacau, dan mengakibatkan beberapa masalah kulit seperti : scabby skin (kulit bopeng), dermatitis (radang kulit) acne (jerawat) dan juga rematik. 

Suplemen kalsium akan meningkatkan fungsi sitem kekebalan tubuh, dan mempunyai efek penyembuhan (curative effect) terhadap penyakit tersebut. Kalsium juga melindungi kulit dan meningkatkan penampilaanya. Kalsium dan darah tinggi, penyempitan pembuluh darah dll.

Arteriosclerosis (penyempitan pembuluh nadi) mengakibatkan pembuluh mengental dan mengeras serta kehilangan elastisitas, dan akhirnya mengurangi arus darah. Ini diakibatkan oleh zat lemak yang brtumpuk dan menutup aliran darah.

Ketika tubuh kekurangan kalsium dan kalsium dalam darah berkurang, parathyroid mengirim perintah, yang mengakibatkan kalsium dalam tulang masuk ke dalam darah. Peleburan kalsium dari tulang , mengakibatkan masalah dalam pembuluh darah (blood vessel), kasium menangkap lemak disana dan mengakibatkan pembuluh jadi menebal dan keras sehingga kekurangan elastisitas. Arteriosclerosis (penyempitan pembuluh nadi), merupakan penyebab utama terjadinya tekanan darah tinggi, dan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah jantung dan otak, ini sangat membahayakan kesehatan kita.


KEKURANGAN KALSIUM

Ternyata kalsium memegang peranan penting dalam tubuh kita. Sehingga kekurangan kalsium bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Lebih dari 200 penyakit yang berhubungan dengan kekurangan kalsium, diantaranya:

1. Bone Growth (Pertumbuhan Tulang)
2. Reast Cancer (Kanker Payudara)
3. Cancer (Kanker)
4. Cardiovascular Disease (Penyakit Tulang)
5. Cataracts (Katarak)
6. Cirrhosis Of The Liver (Liver)
7. Colon Cancer (Kanker Usus)
8. Constipation (Sembelit)
9. Crohn’s Disease
10. Diabetes (Kencing Manis)
11. Kecanduan Obat
12. Depression (Depresi)
13. Dry Eye (Mata Kering)
14. Emphysema (Penyakit pada Paru-paru)
15. Epilepsy (Ayan)
16. Chronic Fatigue Syndrome
17. Abromyalgia Syndrome
18. Gallstobes
19. Gangrene (Kelemayuh)
20. Gout (Asam Urat/Encok)
21. Hay Fever
22. Headeches
23.Heart Attack (Jantung)
24. Hepatitis
25. Hiatal Hernia
26. High Cholesterol
27. Hyperactive (Hiperaktif)
28. Hypertension
29. Insomnia (Susah Tidur)
30. Irritable Bowel Syndrome
31. Kidney Stones
32. Lactose Intolerance
33. Lumbago
34. Lupus
35. Measles
36. Menopause
37. Migraine Headache
38. Mitral Valve Prolapse
39. Mononucleaosis
40. Muscle Cramps (Kram)
41. Osteoarthritis
42. Osteoporosis
43. Pancreatitis
44. Panic Attack
45. Peridontal Disease
46. PMS (Plolycystic Ovary Sydrome)
47. Prolapse Of The Uterus
48. Raynaud’s Phenomenon
49. Restless Legs Syndrome (RLS)
50. Reumatic Fever
51. Schizophrenia
52. Seizures
53. Shingles
54. Stress
55. Stroke
56. TMJ Syndrome
57. Ulcerative Colitis
58. Ulcer
59. Yeast Infection
60. Maag/Lambung Dll


MANFAAT KALSIUM

1. Tulang: - mencegah pengeroposan tulang dan memelihara kesehatan tulang - membantu memulihkan penyakit osteoporosis dan hiperplasia tulang - meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui - menyembuhkan sindrom menjelang menopause - mencukupi kebutuhan kalsium.

2. Gigi - mencegah kerusakan gigi - mencegah pendarahan akar gigi, anti pembusukan gigi, dan membantu neralisasi gigi.

3. Pinggang - menyembuhkan rasa sakit pada pinggang.

4. Otot/Syaraf - mencegah dan menyembukan reumatik dan kram - mencegah dan membantu menyembuhkan stress, insomnia dan gangguan saraf.

5. Tangan/Kaki - menyembuhkan penyakit pecah-pecah dan kering pada tangan dan kaki - menghilangkan rasa sakit pada kaki.

6. Darah: - menormalkan kembali penyakit hipertensi.

7. Jantung: - mencegah dan membantu penyembuhan penyakit jantung.

8. Kanker: - menurunkan resiko timbulnya kanker usus.

9. Usus: - meningkatkan jumlah bakteri bermanfaat pada usus.

10. Wasir/ambeien: - menyembuhkan wasir/ambeien.

11. Seks: - memulihkan dan membantu meningkatkan gairah seks yang menurun.

12. Obesitas: - menormalkan kembali kondisi tubuh yang kegemukan.

13. Lain-lain: - menyeimbangkan zat gizi.


KEBUTUHAN KALSIUM

Kebutuhan Kalsium Manusia

-Bayi 0- 6 bulan = 210mg/hari
-Bayi 6–12 bulan = 270mg/hari
-Usia 1-3 tahun = 500mg/hari
-Usia 4–8 tahun = 800 mg/hari
-Usia 9–18 tahun =1300 mg/hari
-Dewasa 19-50 tahun =1000mg/hari
-Dewasa 51 tahun keatas =1200mg/hari
-Ibu hamil dan menyusui =1200mg/hari
 -Manula dan wanita menopause =1200mg/hari

Sumber: National Academy of Sciences Institute of Medicine in August 1997
Jika kebutuhan kalsium harian kita (orang dewasa) sebesar 1000mg/hari, maka itu setara dengan kandungan kalsium yang ada pada makanan berikut, diantaranya : 

- 2 galon susu, atau 
- 11,5 kg bayam, atau 
- 11,5 kg brokoli; atau 
- 11,5 kg kubis Sumber lain: 
- 13 kg daging sapi 
- 5 kg daging kambing 
- 7 kg daging ayam 
- 8 kg nasi 

JIKA KEBUTUHAN KALSIUM DARI MAKANAN / MINUMAN BEGITU BESAR VOLUMENYA DAN MAHAL HARGANYA, MAKA ADA CARA LAIN YANG LEBIH SEDERHANA, YAITU : SUPLEMEN KALSIUM.

Tetapi tidak semua suplemen kalsium baik untuk tubuh kita, jika salah pilih bisa jadi justru menimbulkan masalah baru. Karena itu pilihlah suplemen kalsium yang : 

ALAMI DAN MUDAH DISERAP TUBUH 

Berbicara mengenai kalsium yang alami (organik) dan mudah diserap tubuh (memiliki daya serap tinggi), ada salah satu perusahaan besar dari China yang memiliki produk-produk alami (organik). Salah satu produknya adalah kalsium Nutrient High Calcium Powder (NHCP). Perusahaan tersebut bernama Tiens Group International (Tianshi), mengadopsi konsep kesehatan Tiongkok.
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.