5 Cara Alami Redakan Mulas Untuk Ibu Hamil

5 cara alami meredakan mulas mules untuk ibu hamil bumil
Saat tengah hamil besar, seringkali ibu merasa kondisi tubuhnya tak nyaman misalnya sering berkeringat, sakit punggung, tidak nyaman saat tidur atau yang lebih sering dirasakan adalah mulas.

Dalam kondisi mulas, pastinya ibu jadi terhambat untuk melakukan aktivitasnya. Nah, daripada kegiatan Anda bisa terganggu, ada baiknya mencoba beberapa cara untuk mengurangi mulas saat hamil seperti dikutip dari Fit Pregnancy berikut ini:

Makan dengan porsi sedikit tapi sering 


Ahli diet di bidang gizi prenatal, Rachel Brandeis, MS mengatakan makan berlebih justru membuat perut makin mulas. Sebab, saat hamil ada sedikit ruang di perut Anda yang melebar. Nah, dengan mempertahankan pola makan yang normal tak hanya mencegah mulas dalam jangka pendek tapi juga menghindari perut mendapat tekanan yang lebih besar.

"Daripada makan tiga kali sehari dalam porsi besar lebih baik makanlah enam kali sehari dengan porsi sekali makan satu setengah cangkir," saran Brandeis.

Hindari makanan pemicu 


Meskipun tidak ada patokan pasti makanan apa yang dilarang saat hamil, tapi sebaiknya Anda menghindari makanan yang bisa memicu mulas seperti asupan asam misalnya jeruk dan tomat, makanan berminyak, makanan pedas, cokelat, kopi, minuman bersoda, dan alkohol.

Lebih utamakan cairan 


Ini bukan berarti Anda jadi anti terhadap makanan padat. Jika Anda ingin mengasup makanan yang padat, kunyahlah perlahan sehingga makanan bisa dicerna dengan baik. "Smoothies, milkshake, yoghurt, atau puding adalah pilihan yang baik. Konsumsi pula makanan yang mengandung banyak protein seperti susu dan yoghurt minum," kata Brandeis.

Tidur dengan cara cerdas 


Untuk menghindari mulas mendadak di malam hari, sebaiknya tiga jam sebelum tidur Anda sudah tidak mengasup makanan. Selain itu, perlu juga meninggikan posisi kepala di tempat tidur dan meletakkan bantal di bawah kaki. Hal ini berguna untuk mencegah agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

Atur konsumsi suplemen kalsium 


Tak dilarang jika Anda mengonsumsi suplemen mengandung kalsium yang sudah diberikan dokter selama hamil. Tapi Brandeis mengatakan jangan diminum bersamaan dengan vitamin prenatal. Sebab, terlalu banyak kalsium juga bisa memblokir penyerapan zat besi dan berakibat pada anemia. Hindari pula antasid yang mengandung aluminium yang bisa menyebabkan sembelit. (detikhealth)


BACA JUGA : 

Ini Asupan yang Harus Dihindari Saat Hamil 2 Bulan 

Banyak Konsumsi Serat Selama Kehamilan Terhindar dari Ambeien 

Tips Mengatasi Flu pada Ibu Hamil 

Cara Cegah Varises Saat Kehamilan 

Perempuan Hamil dan Seafood

No comments:

Post a Comment

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.