Perempuan Hamil dan Seafood

Makanan laut pada dasarnya sangat baik dikonsumsi oleh perempuan yang sedang mengandung. Mereka bahkan dianjurkan untuk banyak-banyak menyantap seafood di situasi apa pun; mulai dari sarapan hingga makan malam. Termasuk juga sushi

Beberapa hasil laut yang baik untuk perempuan hamil, yaitu tuna, salmon, udang, dan kod. Tuna sangat baik untuk sumber kalsium. Salmon menjadi sumber utama asam lemak Omega-3. Udang sebagai sumber protein. Lalu, ikan kod baik untuk asupan protein dengan kandungan lemak rendah. 

Sebuah komite pengawasan pangan di Norwegia yang mengurusi keamanan pangan mempelajari bahwa perempuan hamil aman-aman saja mengonsumsi sushi. Hanya saja, ada satu saran penting jika ingin membuat sushi sendiri di rumah. Sebaiknya, pastikan pendingin bahan-bahan untuk sushi (ikan, gurita, dsb) tidak rusak. Jadi, bahan-bahan laut tersebut tetap segar, dingin, dan tidak ada celah bagi parasit untuk berkembang. 

Meskipun aman, tidak semua makanan laut bisa diasup perempuan hamil. Ada makanan laut yang mengandung bakteri berbahaya yang berdampak buruk untuk janin, seperti bakteri vibrio parahemolyticus, vibrio vulnificus, salmonella, dan staphylococcus aureus. Bakteri-bakteri tersebut biasanya terdapat pada kerang-kerangan, seperti kerang hijau dan oyster

Pada dasarnya, perempuan ketika hamil harus hati-hati pada apa pun yang ingin dikonsumsi. Makanan laut, baik mentah atau matang, beberapa memang harus dihindari. Tapi, beberapa malah harus banyak dimakan. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyatakan, perempuan hamil dan menyusui sebetulnya harus mengkonsumsi ikan minimal 340 gram/hari. 

Saran-saran mengonsumsi makanan laut untuk perempuan hamil: 

1. Pilihlah makanan laut yang segar, dan simpan dalam lemari pendingin jika tidak langsung dimasak (maksimal menyimpan makanan laut dalam pendingin adalah 3 hari dengan suhu 4,5 derajat celcius) 

2. Kalau bisa hindari konsumsi makanan laut mentah karena kemungkinan bakteri dan cacing masih hidup. (intisari)


NUTRISI LENGKAP UNTUK IBU HAMIL :










 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.