Daftar Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Penglihatan Mata

Daftar Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Penglihatan Mata Tidak Minus
Melemahnya kemampuan penglihatan menjadi masalah yang semakin umum dari hari ke hari. Jika dulu hanya orang 'berusia' saja yang mengenakan kacamata, kini bocah cilik pun banyak yang telah mengenakannya.

Kurangnya nutrisi dan vitamin penting merupakan salah satu penyebab buruknya kemampuan penglihatan. Begitu pula dengan kebiasaan membaca yang salah. Meski demikian, kemampuan penglihatan bisa dilatih melalui olahraga mata.

Tak hanya meningkatkan penglihatan, olahraga mata juga bermanfaat memelihara agar mata tetap bersih. Inilah beberapa jenis olahraga mata untuk meningkatkan performa penglihatan, seperti dikutip dari Boldsky.

Dua titik di dinding 


Duduklah sejauh 3 meter dari sebuah dinding dan bayangkan dua titik yang saling terpisah sejauh setengah meter. Jika membayangkan terlalu susah, titik bisa digambar pada dinding. Lihat satu titik selama lima sampai 6 detik, lalu secara perlahan, kemudikan titik itu ke titik lain. Ulangi selama tiga menit dan setelah itu tutup mata agar rileks.

Permainan angka 


Meski sederhana, olahraga mata jenis ini dapat memperkuat otot mata. Caranya ialah dengan menggunakan dua kertas yang dipenuhi angka. Ukuran angka pada kertas kedua harus lebih kecil dari ukuran angka pada kertas pertama.

Tempelkan kertas pertama di dinding, lalu duduklah sejauh tiga meter dari dinding tersebut. Lihat angka pertama hingga angka terakhir pada kertas tersebut. Jika terlihat jelas, beralihlah ke kertas kedua. Ulangi beberapa kali.

Menutup mata dengan telapak tangan 


Tutup kedua mata dnegan telapak tangan dan pastikan bola mata tidak tertekan. Pastikan juga mata benar-benar tertutupi dan tidak ada secercah cahaya yang menerobos masuk. Berfokuslah pada kegelapan yang mucul, lalu tarik napas dalam-dalam. Olahraga ini sebaiknya dilakukan tiga kali setiap hari.

Berkedip 


Berkedip merupakan olahraga mata yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Caranya ialah dengan mengedipkan mata sebanyak 10-15 kali dengan cepat. Mereka yang kerap melihat layar komputer atau layar televisi harus melakukan latihan ini paling tidak sebanyak dua kali sehari.

Menutup mata 


Latihan ini mudah saja. Pertama, tutup mata seerat mungkin dan tahan selama 5 sampai 6 detik. Kemudian, buka mata selama 5 sampai 6 detik. Lakukan latihan ini sebanyak 10 kali sehari. Selain membuat mata rileks, cara ini juga dapat meningkatkan performa penglihatan.

Memijat mata 


Tutup mata dan dudulah bersandar pada kursi senyaman mungkin. Dengan tekanan yang sangat ringan, lakukan pemijatan pada mata dan kelopak mata dengan gerakan melingkar. Pijat juga area dahi dan sekitar mata. Cara ini diyakini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke mata. (detikhealth)


BACA JUGA :

Nutrisi Tepat, Mata Sehat

8 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Lihat Anda

Tips Saat yang Tepat Cek Kesehatan Mata Anda

Ciri-ciri Penuaan Mata 

Mata Minus dan Silinder Tak Bisa Sembuh, Mitos Atau Fakta?

No comments:

Post a Comment

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.