Tips Saat yang Tepat Cek Kesehatan Mata Anda

tips, saat, tepat, cek, kesehatan, mata
Tanpa mata, kita tidak bisa melihat apa pun di sekitar kita. Sayang, tidak seperti bagian tubuh kita yang lain, seperti kulit wajah dan rambut, untuk urusan perawatan mata seringkali kita agak cuek. Selama masih bisa dipakai melihat dan tidak terasa sakit, maka kita enggan memeriksa mata. Padahal, mata juga bisa terkena gangguan dan masalah

Di bawah ini adalah panduan kapan waktu yang tepat untuk mengecek mata, mulai dari anak-anak, dewasa, sampai lansia. Jangan sampai kita menyesal karena terlanjur mengalami masalah dan gangguan pada mata kita atau sanak keluarga kita. 

Anak-anak


Cek kesehatan mata anak Anda yang baru lari, saat umur empat bulan dan sebelum masuk sekolah, kata dr. Georgina Kourt, spesialis mata dari Sydney Eye Hospital

Selain itu, Georgina menyarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter jika anak Anda mengalami kesulitan dalam melihat, mata nyeri atau merah. Atau, ketika Anda menyadari bahwa efek mata merah di foto anak Anda tidak simetris, serta posisi bola mata tidak normal, seperti juling. 

Gejala lain yang perlu jadi perhatian: membaca buku dengan jarak terlalu dekat ke mata, memiringkan kepala atau memicingkan mata saat melihat sesuatu. 

Remaja, 20-an dan 30-an


Kecuali Anda mengalami gejala-gejala penyakit mata atau memiliki riwayat keluarga untuk itu, pemeriksaan mata setiap 2-5 tahun sekali sudah cukup. 

Orang yang berkacamata atau memiliki kondisi, seperti glaucoma, retinopati diabetic atau kelainan makula sebaiknya lebih sering melakukan pengecekan mata. 

Jika penglihatan Anda secara bertahap mengalami penurunan, segera hubungi dokter mata. 

Di atas 40


Lakukan pemeriksaan mata setiap 2-3 tahun sekali. Kebanyakan gangguan penglihatan tidak menimbulkan gejala sebelumnya, tetapi bisa diobati jika terdeteksi dini.

“Penglihatan kita memang akan mengalami penurunan begitu umur 40,” kata Profesor Brien Holden, CEO International Centre for Eyecare Education

“Deteksi dini adalah kunci pencegahan kecacatan penglihatan atau kebutaan seiring dengan pertambahan usia kita.” 


Usia berapa pun, jika Anda mengalami ini: 

- Kehilangan atau distorsi penglihatan secara medadak 

- Kecacatan penglihatan yang tak membaik dengan penggunaan kacamata 

- Mata merah dan nyeri 

- Mengalami penglihatan ganda 

- Benjolan atau luka bernanah di sekitar mata 

- Kerontokan bulu mata yang parah 

- Mengeluarkan air mata darah 

- Melihat kilatan 

- Mengalami floater (titik-titik hitam melayang-layang dengan berbagai bentuk dan ukuran, terlihat jelas bila memandang bidang yang bersih dan terang, misalnya dinding putih) 

- Penglihatan seperti tertutup tirai.  

(readersdigest)


BACA JUGA : 

Mata Minus dan Silinder Tak Bisa Sembuh, Mitos Atau Fakta? 

Ciri-ciri Penuaan Mata
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.