Tips Sederhana Menyembuhkan Pilek

tips, sederhana, menyembuhkan, pilek
Rasa menggelitik di tenggorokan, kepala terasa berat, badan terasa pegal. Itu yang dirasakan setiap kali pilek melanda. Rata-rata orang dewasa mengalami tiga kali pilek setiap tahun, yang masing-masing berlangsung rata-rata selama sembilan hari. Demikian menurut Jane Sadler, MD, seorang dokter di Baylor Hospital, Garland, Texas. 

Tapi, lantas jangan menyerah. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghentikan pilek dan esok pun Anda akan merasa lebih baik. 

Dilakukan segera saat merasakan gejala 


1. Minum air atau jus


Tetap terhidrasi ketika merasakan gejala tenggorokan gatal dan hidung tersumbat, kata William Schaffner, MD, profesor di Vanderbilt University School of Medicine. 

2. Berkumur dengan air garam


Untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan, tambahkan setengah sendok teh garam pada segelas air hangat. Garam menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir dan iritasi dari bagian belakang tenggorokan, jelas Philip Hagen, MD, dari Mayo Clinic. 

3. Bersihkan hidung


Gunakan semprotan hidung tepat setelah gejala flu muncul pertama dan dapat mengurangi dampaknya. Mandilah dengan air hangat. Kelembaban dari kehangatan membantu melegakan saluran hidung. 


Lakukan dua jam pertama 


1. Pergi ke toko obat


Beli pereda nyeri seperti asetaminofen untuk melawan rasa sakit. Bisa juga dengan obat-obatan yang membantu menghilangkan gejala hidung meler dan mata berair, yang mengandung dekongestan. 

2. Lewatkan obat batuk


Minumlah obat batuk tradisional dengan madu. Minum satu sampai dua sendok makan madu yang dicampurkan ke dalam air. Setelah itu tunggu apakah bereaksi pada tubuh atau tidak. 

Enam jam berikutnya 


1. Istirahat di rumah


Tubuh dapat melawan virus yang bercokol dalam tubuh lebih baik jika kita beristirahat. Itu artinya, sebaiknya tidak berangkat ke kantor beberapa hari dulu, menghindari rekan kerja, supaya mereka tidak tertular. Untuk menjaga berbagi kuman, cucilah tangan secara teratur atau gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. 

2. Jangan lupakan cairan


Tetap minum banyak air, jus, atau teh, dan makanlah sup ayam untuk makan siang. Makan sup ayam benar-benar dapat meringankan gejala flu. 

3. Bergeraklah


Lakukan sedikit aktivitas. Olahraga ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi jaga detak jantung di bawah 100. 


Di akhir hari 


Kesempatan terakhir melawan kuman. Diet sehat membantu sistem kekebalan tubuh. Jadi pilihlah makan malam yang tinggi protein, seperit daging tanpa lemak, ikan, atau kacang-kacangan, dengan gandum seperti beras merah dan banyak sayuran yang kaya antioksidan. Mandilah air panas sebelum tidur jika badan masih terasa tidak enak. Kemudian, tidurlah dengan nyenyak. 

Hari berikutnya 


Merasa lebih baik? Jika merasa lebih buruk atau demam, mulai muntah, atau semakin sakit kepala, segera hubungi dokter. Ini bisa jadi tanda-tanda sesuatu yang lain selain pilek (seperti flu atau infeksi). Dan bisa jadi kita memperlukan obat antivirus, antibiotik, atau pengobatan lainnya. Jika sudah merasa lebih baik, jagalah rutinitas selama beberapa hari berikutnya, agar badan pun terasa bebas dari pilek. 

Anda mau mencoba? (intisari)


BACA JUGA : 

Pilek atau alergi, bagaimana membedakannya? 

Singkirkan Flu dengan 8 Cara Jitu Ini
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.