Pilek atau alergi, bagaimana membedakannya?

Hidung Anda mulai berair atau mampet? Mulai bersin-bersin? Jangan terburu menyimpulkan itu sebagai gejala pilek atau flu. Bisa jadi Anda terkena alergi. Pilek dan alergi terkadang memiliki gejala yang hampir sama. Namun ada beberapa hal yang membedakan keduanya.

Berikut adalah perbedaan gejala antara pilek dan alergi, seperti dilansir oleh ABC News.

1. Batuk

Pilek selalu diikuti dengan batuk. Seseorang yang terkena pilek pasti sering batuk. Namun hal yang sama tak selalu terjadi pada orang yang terkena alergi. Orang yang terkena alergi hanya sesekali saja batuk, tidak sesering ketika seseorang terkena pilek.

2. Rasa sakit

Orang yang pilek biasanya merasa tidak enak badan. Ada rasa ngilu pada bagian tubuh. Hal ini tidak muncul ketika seseorang terkena alergi. Alergi tidak diikuti dengan rasa tak enak badan atau rasa ngilu pada bagian tubuh.

3. Mata berair atau gatal

Orang yang terkena pilek sangat jarang sekali merasakan mata yang berair atau gatal. Sementara itu gejala ini seringkali muncul pada orang yang terkena alergi. Jika bersin atau hidung tersumbat diikuti dengan rasa gatal pada bagian mata, bisa jadi Anda terkena alergi, bukan pilek.

4. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya muncul pada orang yang terkena pilek, namun hanya terjadi sesekali pada orang yang terkena alergi. Perhatikan, jika sakit tenggorokan sering menyertai hidung mampet atau berair, maka bisa jadi Anda terkena pilek atau flu.

5. Demam

Orang yang terkena alergi tak pernah mengalami demam. Demam hanya muncul pada orang yang terkena pilek atau influenza. Jika Anda mengalami beberapa gejala pilek diikuti demam, bisa jadi Anda terkena pilek, bukan alergi.

Dengan mengetahui perbedaan gejala di atas Anda bisa mengetahui apakah sedang terkena flu atau alergi. Jika terkena alergi, ada baiknya segera singkirkan hal yang bisa memicu alergi pada diri Anda. Selain itu, segera periksakan diri ke dokter jika terkena pilek atau alergi. (merdeka)

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.