Pentingnya Beta Karoten Mencegah Kanker

Zat atau senyawa beta karoten diperkirakan memiliki banyak fungsi yang tidak dimiliki senyawa lain. Jumlah yang dibutuhkan tubuh memang hanya ukuran milligram perhari. Tapi kalau tidak terpenuhi dapat menimbulkan gangguan fungsi. Zat yang merupakan provitamin A ini terdapat dalam sejumlah sayuran dan buah-buahan. 

Beta karoten merupakan salah satu antioksidan (penangkal radikal bebas) yang banyak didapatkan dari mengonsumsi buah dan sayuran berwarna oranye atau jingga dan hijau gelap. 

Beta karoten mencegah kerusakan sel, melindungi tubuh dari radikal bebas, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebagai antioksidan, nutrisi betakaroten dapat membuang senyawa-senyawa berbahaya yang ada dalam tubuh, salah satunya adalah sel kanker. 

Sebagai antioksidan, beta karoten berfungsi menyelamatkan tubuh dari senyawa-senyawa berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Salah satunya, sel kanker. 

Ada pun jumlah beta karoten yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari adalah 5000 IU (International Unit). Peneliti kanker mengatakan diperlukan 12.500 IU beta karoten untuk mencegah kanker. 

Berikut adalah beberapa buah dan sayuran yang mengandung beta karoten: 

1. Ubi Jalar 

Selain mudah didapat dan rasanya yang lezat, ubi jalar juga mengandung banyak beta karoten. 

2. Wortel 

Wortel adalah sayuran yang kaya akan beta karoten. Wortel dikenal karena kemampuannya mengurangi risiko serangan jantung, memperbaiki penglihatan, dan mengatur gula darah. Dua setengah potong wortel mengandung 39,000 IU. 

3. Bayam 

Sayuran yang berwarna hijau gelap ini juga mengandung beta karoten. Fitonutriennya, termasuk beta karoten, memiliki sifat anti kanker. Bayam bisa dimakan mentah, dikukus, direbus, atau dibuat sayur. 

4. Blewah (Cantaloupe) 

Blewah adalah sejenis melon manis dengan daging berwarna oranye pucat. Buah ini merupakan sumber vitamin A yang bagus dengan kandungan konsentrat beta karoten. 

5. Winter Squash 

Winter squash termasuk butternut squash, hubbard squash, acorn squash (labu biji), pumpkin (labu kuning), dan turban squash merupakan sumber yang kaya akan beta karoten. 

6. Brokoli 

Sayuran berwarna hijau gelap ini kaya akan nutrisi sehat, termasuk beta karoten. Brokoli bisa dimakan mentah maupun diolah menjadi berbagai masakan. (jawaban)



 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.