7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sakit

7 makanan yang harus dihindari saat sakit
Ketika sakit, tubuh seseorang melemah, begitu juga kekebalan tubuhnya. Bahkan penyakit yang biasa dialami seperti demam, flu, diare, dan muntah-muntah bisa membuat tubuh terasa lesu dan tidak bertenaga. Saat sakit, tubuh juga pasti kehilangan banyak cairan. Karena itu, memperhatikan makanan apa yang dikonsumsi juga penting saat seseorang sakit. 

Mengonsumsi makanan yang tak tepat akan memperlambat proses penyembuhan dan membuat tubuh semakin tak bertenaga. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sakit, seperti dilansir oleh Health Site. 

Kopi 


Hindari kopi saat sakit, terutama jika Anda terkena demam. Kafein dalam kopi justru memperlemah sistem kekebalan tubuh dan memperlambat proses penyembuhan. Selain itu, kafein juga bisa menyebabkan rasa pusing, berkeringat, dan tremor. 

Telur 


Hindari telur jika Anda terkena diare. Perut yang lemah saat mengalami diare tak bisa memproduksi enzim yang cukup untuk mencerna protein dalam telur. Hal ini bisa memperburuk kondisi diare Anda dan memicu gejala lain seperti mual dan kembung. 

Keju 


Keju sulit untuk dicerna, terutama jika Anda mengalami diare dan mual. Keju juga bisa membuat memperlemah tubuh dan mencegahnya melawan bakteri yang menjadi penyebab infeksi dan diare. 

Kacang 


Kacang tanah kaya akan arginine yang bisa meningkatkan temperatur tubuh. Hindari kacang tanah jika Anda mengalami demam. Selain kacang tanah, hindari juga kacang-kacangan lain yang kaya arginine seperti almond, walnut, atau hazelnut. 

Kubis dan brokoli 


Sayuran yang kaya enzim seperti kubis dan brokoli juga sebaiknya dihindari jika Anda terkena diare. Makanan tersebut menyebabkan produksi gas dalam lambung meningkat dan akan semakin membuat sakit Anda parah. 

Junk food 


Bukan rahasia lagi bahwa junk food adalah makanan yang tak menyehatkan. Jadi jangan konsumsi makanan ini, terutama ketika sakit atau mengalami masalah dengan sistem pencernaan. Lemak jenuhnya akan mengiritasi sistem pencernaan Anda dan membuat sakit semakin parah. 

Daging 


Lemak yang ada pada daging akan memperlambat kemampuan tubuh membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit seperti demam dan flu. Akibatnya, Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Hindari daging dan sebaiknya ganti dengan sayuran yang banyak mengandung antioksidan untuk menyehatkan tubuh. 

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika sedang sakit. Makanan di atas justru menghalangi kemampuan tubuh untuk melawan bakteri dan infeksi dan membuat Anda sakit lebih lama. (merdeka)


BACA JUGA : 

Biar Tidak Gampang Sakit, Cukupi 3 Mineral Ini 

Obat Herbal Alami Jika Keracunan Makanan 

Makanan Terbaik bagi Kesehatan Saluran Pencernaan 

5 Cara Sehat untuk Tetap Berenergi
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.