Daftar Makanan yang Memicu Sembelit

daftar makanan yang memicu penyakit sembelit
Rasa tak nyaman pada perut, sulit mengeluarkan gas dan sulit buang air besar merupakan salah satu indikator dari sembelit. Umumnya karena kurang konsumsi makanan berserat seperti sayur dan juga buah. 

Agar mencukupi kebutuhan serat harus dikonsumsi sekitar 25 hingga 35 gram perhari. Namun, ada juga makanan enak yang bisa memicu sembelit, seperti beberapa makanan ini. 

Cokelat 


Bagi orang yang menderita sindrom iritasi usus besar sebaiknya jangan mengonsumsi cokelat berlebihan. Walaupun mekanismenya belum diketahui secara pasti, akan tetapi beberapa ahli mengatakan bahwa lemak yang terkandung di dalam cokelat dapat memperlambat proses pencernaan di dalam tubuh. 

Produk susu 


Laktosa dalam produk susu seperti keju dan susu dapat menyebabkan peningkatan gas dan juga kembung. Menurut salah satu studi yang dilakukan pada anak-anak di Iran, usia 1 sampai 13 tahun ditemukan bahwa produk susu bisa menjadi penyebab terjadinya sembelit. Hampir semua anak-anak atau sekitar 80 persen yang konsumsi produk susu memiliki gerakan usus yang lebih teratur. 

Daging merah 


Daging mengandung lemak yang tinggi sehingga tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna. Selain itu daging juga memiliki serat protein yang kuat sehingga sulit untuk dicerna. Daging merah mengandung zat besi yang tinggi, jika dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek sembelit. 

Pisang 


Pisang memang mengandung tinggi serat. Akan tetapi perlu berhati-hati pasalnya pisang yang belum matang dapat menyebabkan sembelit. Pisang yang mentah dapat membuat sembelit karena memiliki banyak pati yang sulit dicerna oleh tubuh. Selain itu pisang juga mengandung pektin yang dapat menarik air dari usus sehingga terjadi sembelit. 

Kafein 


Kafein merupakan stimulan yang dapat membuat gerakan usus lebih cepat. Akan tetapi minuman dan makanan yang mengandung kafein dapat menimbulkan efek diuretik yang jika kita kurang mengonsumsi air putih akan menyebabkan dehidrasi yang akan menghambat kelancaran buang air besar. (detikhealth)


BACA JUGA : 

Ini Alasan Kenapa Pencernaan Terganggu 

Kurang Konsumsi Serat Bisa Bikin Kanker Usus 

7 Makanan Pencegah Wasir 

Tiens Chitin Chitosan ~ Si Penghancur Lemak dan Racun dalam Tubuh

Tiens Double Cellulose Tablets ~ Paket Pelangsing Tiens untuk Detoksifikasi Saluran Pencernaan

No comments:

Post a Comment

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.