Sayuran Hijau Perkuat Tubuh Lawan Kanker

Pikirkan lagi jika kita tidak suka makan sayur. Makan sayuran hijau dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sayuran berdaun hijau bahkan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Sel-sel limfoid (innate lymphoid cells atau ILCs) pada sistem pencernaan melindungi tubuh dari bakteri jahat dalam usus. Sel-sel ini juga diyakini berperan mengontrol alergi makanan, penyakit peradangan, obesitas, bahkan mencegah kanker usus besar. ILCS juga mampu menyembuhkan luka kecil dalam jaringan sistem pencernaan.

Dalam temuan terbaru, peneliti dari Tea Walter and Eliza Hall Institute, Australia, menunjukkan ILCS bekerja di bawah pengaruh gen yang disebut T-bet. Menariknya, T-bet merespon dan bekerja dengan baik ketika tubuh mencerna sayuran berdaun hijau seperti selada dan kubis.

Dr. Gabrielle Belz menjelaskan, temuan ini dapat digunakan dalam pengembangan pengobatan penyakit, demikian dilansir Thirdage.

“Memahami cara kerja ILCS dan gen yang mengontrolnya sangat penting untuk mengembangkan metode baru yang dapat digunakan untuk pengobatan penyakit,” kata Belz.

Menurut Belz, peneliti masih harus melakukan banyak percobaan untuk mengontrol kinerja ILCS termasuk meningkatkannya ketika sel tidak sangat aktif menghadapi beberapa infeksi dan kanker, atau melemahkannya ketika kinerja sel-sel ini menjadi terlalu aktif, seperti yang terjadi pada penyakit inflamasi kronis. (intisari)

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.