Fakta Tersembunyi Vitamin D

Vitamin D merupakan nutrisi penting yang digunakan untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Vitamin D ditemukan dalam beberapa makanan seperti salmon, susu, dan telur. Meski begitu, ada banyak faktor yang mempengaruhi kadar vitamin D dalam tubuh. 

Berikut ini beberapa hal yang mungkin Anda tidak tahu tentang vitamin D, seperti dilansir Third Age

Tempat tinggal

Semakin rendah iklim suatu daerah, sinar matahari kurang mencapai permukaan Bumi. Karenanya, kita tidak akan mendapatkan banyak vitamin D dari sinar matahari jika tinggal di daerah beriklim rendah. Tak hanya itu, sinar matahari juga tidak dapat memberikan banyak vitamin D jika kita mengenakan pakaian tebal. 

Kondisi udara

Para peneliti di Harvard Medical School menyatakan, partikel karbon dari pembakaran bahan bakar fosil bisa menghancurkan sinar UVB di udara. Tapi, mereka juga menyatakan polusi yang menyebabkan lubang ozon dapat meningkatkan produksi vitamin D. 

Menggunakan tabir surya

Kita tidak bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari jika menggunakan tabir surya. Namun, jika tabir surya yang digunakan hanya sedikit, vitamin D dari sinar matahari masih bisa masuk. Akan lebih baik jika tabir surya digunakan pada siang hari saja, untuk menghalangi efek buruk sinar matahari. Sementara di pagi hari, Anda bisa berjemur dan mendapatkan vitamin D tanpa menggunakan tabir surya. 

Warna kulit

Melanin adalah zat yang membuat kulit terlihat lebih gelap. Zat ini membuat kulit tidak menyerap sinar UVB matahari. Jika ingin mendapatkan banyak vitamin D dari sinar matahari, maka orang dengan kulit lebih gelap membutuhkan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari.

Berat

Lemak tubuh menyerap vitamin D, tapi tidak bisa melepaskannya jika diperlukan. Inilah yang membuat orang-orang yang berkelebihan berat badan memiliki kadar vitamin D lebih rendah dibandingkan dengan berat badan yang normal. Tidak hanya itu, semakin seseorang bertambah usia, efek vitamin D pada kulit akan menurun. (intisari)




No comments:

Post a Comment

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.