Selamat Menjalankan Ibadah Puasa | GRATIS 3 SACHET NHCP untuk Pembelian 1 Box NHCP | Toko Online Tiens Terbaik dan Terpercaya sejak tahun 2010

December 11, 2012

Makanan Super Penurun Berat Badan

Makanan super dapat membangun tulang, mencegah penyakit kronis, meningkatkan penglihatan, bahkan menjaga pikiran Anda tetap tajam. Namun, tahukah Anda bahwa bukti baru menunjukkan makanan ini juga dapat membantu Anda tetap langsing? 

Baca terus makanan super apakah yang dimaksud dapat menurunkan berat badan, dan bagaimana mereka diasup dalam makanan sehari-hari Anda, seperti dilansir Health berikut ini. 

Kacang hitam

Secangkir kacang hitam mengandung 15 gr protein yang dapat memenuhi kebutuhan protein dan tidak mengandung salah satu asam lemak jenuh yang ditemukan dalam sumber-sumber protein lainnya, seperti daging merah. 

Havermut

Havermut kaya serat, sehingga seporsinya dapat membuat Anda merasa kenyang sepanjang hari. Hanya setengah cangkir sekitar 4,6 g havermut, karbohidrat sehat ini dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. 

Avokad

Tidak ada alasan untuk takut mengonsumsi lemak, asalkan lemak yang tepat. Asam oleat, suatu senyawa dalam lemak sehat avokad monounsaturated (MUFA), dapat memicu tubuh melawan kelaparan. Seperempat atau setengah buah avokad dan lihatlah bagaimana lemak perut akan mencair. Buah ini juga mengandung serat dan protein. 

Ikan salmon

Sumber protein ini akan membuat Anda merasa kenyang tanpa menambah lemak. Namun, 50% dari wanita usia 18 – 50 tahun tidak tahu apakah mereka mendapatkan cukup nutrisi penting ini. Konsumsi dengan salmon akan lebih merampingkan daripada daging merah. Sebuah penelitian tahun 2001 menemukan, diet dengan makanan kaya MUFA akan kehilangan bobot rata-rata 9 kg, sementara bagi yang diet rendah lemak hanya diperoleh rata-rata kehilangan 6 kg. 

Blueberry

Diketahui dikenal untuk efek anti-penuaan. Satu cangkir blueberry hanya mengandung 80 kalori, serta 4 g serat, dan ini cukup membuat Anda merasa kenyang. 

Brokoli

Dimasak atau dimakan mentah, sayuran ini dikenal untuk mencegah kanker, tetapi dengan kandungan hanya 30 kalori seporsinya, pasti dapat mencegah masalah berat badan juga. 

Beras merah

Beras merah itu sehat, seratnya lebih baik daripada nasi putih. Satu porsi sebesar setengah cangkir mengandung 1,7 gram resisten pati, karbohidrat sehat yang meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. Apalagi beras merah adalah makanan kepadatan rendah energi, itu berarti dapat mengenyangkan tetapi rendah kalori. Satu penelitian menemukan, wanita yang diet tinggi kepadatan energi naik tiga kali sebanyak berat selama enam tahun dibandingkan wanita yang mengonsumsi diet rendah kepadatan energi. 

Pir

Hanya satu paket pir dapat mencukupi 15% dari jumlah harian serat yang disarankan. Satu penelitian menemukan, wanita yang makan tiga buah pir sehari mengonsumsi kalori lebih sedikit dan menurunkan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak makan. Jangan sedikit pun mengupas kulitnya, karena di kulitlah tersembunyi serat paling tinggi. 

Anggur

Resveratrol, antioksidan terkenal ditemukan pada kulit anggur, dapat menghentikan penyimpanan lemak. Penelitian menunjukkan, peminum anggur secara moderat memiliki pinggang lebih kecil dan lemak perut berkurang, dibandingkan peminum minuman keras. Minum anggur satu sloki dapat meningkatkan pembakaran kalori selama 90 menit. 

Grapefruit

Makanlah setengah jeruk ini sebelum makan, maka dapat membantu Anda kehilangan sampai 28,35 g seminggu. Senyawa dalam buah ini dapat menurunkan insulin, hormon penyimpan lemak, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan. Juga merupakan sumber protein yang baik, dan karena berisi 90% air, maka Anda hanya akan makan lebih sedikit. 

Kacang merah

Salah satu dari beberapa varietas kacang yang menawarkan protein dan serat, lebih dari 5 g per porsinya. Porsi setengah cangkir mengandung 2 g karbohidrat pelangsing. 

Kacang almond

Kacang ini kaya lemak sehat yang membuat Anda langsing. Almond khususnya dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, orang yang menambahkan kacang setiap hari untuk diet rendah kalori akan kehilangan berat badan lebih banyak daripada orang-orang yang mengikuti diet yang sama namun menukar almond dengan camilan karbohidrat berat seperti kerupuk. 

Teh hijau

Antioksidan dalam teh hijau akan membakar lemak dan kalori. Satu penelitian menemukan, lima cangkir sehari bisa membantu menurunkan berat badan dua kali lebih banyak. 

Lentil

Lentil adalah sumber besar protein dan serat. Satu porsi sebanyak setengah cangkir memberikan 3,4 g resisten pati, karbohidrat sehat yang meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. 

Pisang

Pisang adalah makanan super dari diet karbohidrat. Ukuran sedang pisang yang masih hijau akan meningkatkan metabolisme Anda dengan 12,5 g resisten pati. Pisang matang masih peringkat tinggi pada daftar makanan yang mengandung resisten pati hampir 5 g. 

Telur

Telur sering mendapatkan cap buruk ketika berbicara soal penurunan berat badan. Namun, sarapan yang sarat protein justru akan mengurangi nafsu makan Anda. Satu penelitian menemukan, wanita kelebihan berat badan yang sarapan dengan telur kehilangan berat badan dua kali lebih banyak daripada wanita yang memulai hari mereka dengan bagel. Jangan khawatir soal kolesterol. Penelitian ini juga menemukan pemakan telur tidak memiliki kolesterol jahat yang lebih tinggi atau kolesterol baik yang lebih rendah daripada pemakan bagel. 

Cokelat hitam

Menggigit cokelat hitam dapat memperlambat pencernaan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit saat waktu makan selanjutnya. Cokelat hitam penuh dengan MUFA. Penelitian menunjukkan diet tinggi lemak sehat dapat memutar metabolisme untuk membakar lemak dan kalori. Ini juga dapat membantu membatasi keinginan untuk mengonsumsi garam, manis, atau lemak perusak diet. 

Jeruk

Hanya mengandung 59 kalori, mungkin tidak berharap banyak dari jeruk, namun berkat kandungan seratnya menempati urutan tertinggi di antara buah-buahan dalam daftar 38 makanan mengenyangkan yang diteliti oleh peneliti Australia. Merasa kenyang dapat membantu Anda makan lebih sedikit sepanjang hari. 

Kentang

Kentang memang tinggi karbohidrat, tetapi tiga kali lebih mengenyangkan seperti halnya roti putih, dan indeks kekenyangannya sama seperti jeruk. Kentang juga kaya resisten pati, yang membantu tubuh membakar lemak. 

Kacang pinus

Pecinta kacang tidak hanya perlu almond. Kacang ini juga asam lemak sehat yang sama menumpas hormon lapar dan membakar lemak perut. Satu penelitian menemukan, asam lemak tak jenuh yang ditemukan dalam kacang-kacangan membantu orang gemuk menurunkan berat badan tanpa mengurangi asupan kalori mereka.  

Keju

Keju kambing segar dan feta mengandung asam lemak yang membantu Anda merasa kenyang dan membakar lebih banyak lemak. Susu rendah lemak. Asam lemak yang sama ditemukan dalam susu, dan protein susu dapat membuat merasa kenyang. Kalsium yang ditambahkan juga dapat membantu, dalam satu penelitian, wanita membakar lebih banyak lemak dan kalori ketika mereka mengasup 1.000 hingga 1.400 mg kalsium per hari. 

Cobalah memasukkan makanan-makanan tadi dalam asupan sehari-hari Anda, setelah itu Anda lihat hasilnya nanti. (intisari)