Makanan Perangsang Otak

Melihat anak-anak yang setiap hari sibuk membuat PR dan belajar untuk ulangan, banyak orang tua berupaya agar performa otak putra-putri mereka cemerlang, berkonsentrasi tinggi, memiliki daya ingat dan cerna yang baik. 

Dr. Ang Poon Liat, konsultan senior penyakit dan kesehatan anak dari Paediatric Centre Thomson Medical Centre, Singapura, melihat intelegensia seseorang 20% dipengaruhi unsur genetik, selebihnya dari asupan makanan sehari-hari. Menurutnya ada 8 makanan perangsang otak yang sebaiknya menjadi bagian dari diet anak-anak sekaligus juga berguna bagi kesehatan fisik di kemudian hari. 

1. Ikan laut

Ikan laut merupakan sumber omega-3. Asam lemak omega-3 dapat meningkatkan aktivitas neurotransmiter, membantu sel otak dalam berkomunikasi dengan sel-sel otak lainnya secara efektif sehingga fungsi otak optimal. 

2. Telur

Kuning telur kaya akan protein, juga tinggi kolin, bagian dari vitamin B, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. 

3. Kacang-kacangan

Mengandung vitamin E yang memiliki sifat antioksidan handal melindungi selaput sel otak terhadap radikal bebas. 

4. Sayuran berwarna

Sayuran berwarna kaya antioksidan yang akan menjaga sel otak tetap sehat. Pilih sayuran yang berwarna-warni agar mendapat serangkaian antioksidan yang juga dapat mencegah kanker. 

5. Beras dan gandum yang masih ada kulit arinya

Beras merah dan oat adalah contoh beras dan gandum yang masih ada kulit arinya, yang kaya akan vitamin B. Keduanya memiliki serat yang tinggi sehingga melepaskan glukosa secara perlahan-lahan. Karena kadar glukosa yang tinggi akan membuat anak energetik tapi kemudian cepat capek. Perubahan mood ini tentu tidak baik bagi anak. 

6. Buah beri

Buah ini kaya vitamin C, yang dapat meningkatkan daya ingat.

7. Polong-polongan

Kandungan protein dan karbohidrat kompleksnya menghasilkan energi yang baik untuk merangsang otak. Proteinnya dibutuhkan untuk menghasilkan asam nukleat dari sel otak. 

8. Yogurt

Merupakan sumber protein, vitamin B dan D yang amat penting bagi pertumbuhan jaringan otak serta neurotransmiter. (intisari)



No comments:

Post a Comment

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.