Jaga Kesehatan Ginjal Agar Terhindar dari Risiko Penyakit Jantung

Pasien gagal ginjal sering mengalami masalah jantung dan seringkali menyebabkan kematian. Penelitian terbaru telah menemukan kaitan antara keduanya yang didasarkan pada kondisi pembuluh darah pasien. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Society of Nephrology (JASN) menyatakan bahwa ginjal yang tidak mampu mengeluarkan sisa metabolisme melalui urine, akan menyebabkan penumpukan sisa metabolisme dalam darah. Hal ini dapat merusak lapisan gula (glycocalyx) pada pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung. 

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 40 pasien gagal ginjal dan 21 orang yang sehat untuk dibandingkan bagaimana kondisi pembuluh darah diantara kedua kelompok tersebut. Peneliti mengambil sampel darah dari masing-masing peserta penelitian untuk mengetahui tingkat konstituen glycocalyx-nya. 

Hasilnya menunjukkan bahwa pasien gagal ginjal memiliki tingkat konstituen glycocalyx yang tinggi, sehingga menyebabkan kerusakan pada beberapa lapisan glycocalyx dalam pembuluh darahnya jika dibandingkan dengan orang yang sehat. 

Kerusakan pada pembuluh darah membuat jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini akan membuat jantung menjadi lemah karena terlalu keras bekerja, sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

"Pasien gagal ginjal perlu mendapatkan monitoring rutin terhadap kondisi pembuluh darahnya gara penyakit jantung dapat dideteksi lebih dini. Pengobatan lebih dini juga dapat menentukan keberhasilan pengobatan," kata Carmen Vlahu, salah seorang peneliti dari Academic Medical Center Amsterdam, Belanda, seperti dilansir medindia

Jagalah kondisi ginjal Anda dengan mengubah diet makanan yang tidak menyakiti ginjal seperti menghindari makanan olahan dan makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Sebaliknya pilih makanan yang rendah kalium seperti apel, kubis, buncis, anggur dan stroberi. Dengan menjaga ginjal tetap sehat, Anda juga dapat menjaga kesehatan jantung. (detikhealth)


SUPLEMEN PENDUKUNG : 



Nutrient Calcium Powder ~ Kalsium Organik Terbaik di Dunia dengan tingkat penyerapan hampir 100%









Muncord Capsules ~ Cordyceps langka dan organik yang bekerja efektif di lima organ vital tubuh manusia





No comments:

Post a Comment

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.