Tidur yang Baik Mampu Menurunkan Berat Badan

tips tidur yang baik dan benar untuk menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh
Kurang tidur bisa mengakibatkan kita mudah marah, merasa lelah sepanjang hari, makan berlebih, hingga pada akhirnya berdampak pada bertambahnya bobot tubuh. Sebaliknya, tidur nyenyak selama minimal 6-7 jam sangat penting dalam proses penurunan berat badan

Berikut adalah beberapa cara bagaimana tidur yang baik mampu menurunkan berat badan. 

Tidur malam yang baik membuat kita rileks dan metabolisme berjalan lancar 


Ketika tubuh kita rileks dan metabolisme berjalan dengan normal, kita akan mencerna makanan dengan mudah. Akibatnya, rasa lapar pun tidak akan cepat datang. Sebaliknya, kurang tidur dapat membuat kita ingin makan setiap saat dan ngemil yang berakibat pada bertambahnya berat badan. Karena itu, kita disarankan untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi agar tubuh tetap sehat dan terjaga. 

Kurang tidur mengakibatkan lonjakan kortisol 


Kurang tidur mengakibatkan lonjakan kortisol dalam tubuh. Lonjakan ini membuat kita ingin menghemat energi, membuat kita malas bergerak, dan pada akhirnya menjadi penyebab obesitas. Istirahat malam yang baik bisa membantu kita memberikan energi yang cukup untuk melewati pagi berikutnya. Nah, semakin banyak energi yang terbakar, maka semakin banyak bobot tubuh yang berkurang. 

Ghrelin dan Leptin 


Tubuh kita juga menghasilkan hormon yang disebut ghrelin dan leptin. Gherlin adalah hormon yang membuat kita ingin makan lebih banyak ketika kita kurang tidur. Sementara itu, leptin adalah hormon yang mengirim sinyal ke otak untuk menghentikan aktivitas makan, ketika itu sudah cukup. Kurang tidur sendiri menurunkan produksi leptin. Akibatnya, otak kita tidak tahu kapan kita harus berhenti makan. 

Mengurangi produksi insulin 


Kurang tidur mengurangi produksi insulin sebesar 30 persen. Saat pankreas tidak mengeluarkan cukup insulin, tubuh akan kesulitan memecah lemak.

Karenanya, tidur yang baik mampu menurunkan berat badan. (intisari)


BACA JUGA :

Makanlah Teratur, Berat Badan pun Turun

Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Ibu Menyusui

Diet Gagal Terus? Ini Penyebabnya 

7 Tips Tidur yang Berkualitas
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.