Daftar Olahraga Mencegah Keropos Tulang

daftar latihan olahraga mencegah keropos tulang osteoporosis
Tulang yang menyangga tubuh memiliki umur kepadatan. Berolahraga adalah salah satu cara mencegah agar tulang tidak mudah keropos. 

Rata-rata usia optimal kepadatan tulang berada pada 20 hingga 30. Melewati usia tersebut, kepadatan tulang akan semakin menurun, yang biasanya disebut osteoporosis. Pada wanita menopause, penurunan akan terjadi lebih cepat. 

Selain karena faktor usia, penurunan kepadatan tulang juga dipengaruhi oleh perilaku hidup. Misal, kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman alkohol, terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, atau makanan yang mengandung garam tinggi, serta kurang berolahraga

Agar tulang tidak mudah keropos, selain mengurangi konsumsi beberapa makanan di atas, berolahraga wajib dilakukan. 

Berikut ini beberapa latihan yang bisa membantu menjaga kepadatan tulang agar tidak mudah keropos. 

Kardio


Berlari, melompat, berjalan akan memberikan tekanan pada tulang. Tekanan itu akan mendorong pembentukan kepadatan tulang. Tak punya waktu khusus untuk berlari, joging, jalan cepat? Lakukan dengan naik turun tangga selama berada di kantor. 

Latihan Beban


Selain membesarkan massa otot tubuh, berlatih beban juga bagus untuk menjaga kepadatan tulang. Coba mulai melakukan latihan beban sebanyak 8-10 repetisi, dua sampai tiga kali dalam satu minggu. 

Yoga atau Pilates


Yoga dan pilates merupakan jenis latihan kelenturan tubuh. Ketika tingka kelenturan atau fleksibiltas tubuh semakin tinggi, maka manfaatnya bagi tulang akan semakin baik. Untuk mendapatkan kelenturan, juga bisa dengan melakukan peregangan sebelum berolahraga, sebelum atau setelah bekerja, dan setelah bangun tidur. (readersdigest)


BACA JUGA : 

Olahraga 'Menghentak' Cegah Keropos Tulang 

Fakta Tentang Penyakit Osteoporosis/ Keropos Tulang 

Tulang Orang Indonesia Lambat Memadat 

6 Makanan Tinggi Kalsium Penguat Tulang 

3 Formula Praktis Cegah Osteoporosis
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.