Daftar Pemicu Serangan Asma yang Harus Dihindari

daftar pemicu serangan asma harus dihindari
Asma adalah salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan bersifat reversibel. Obat-obatan yang ada hanya untuk menenangkan serangan, namun gejala itu bisa datang kembali jika terpicu sesuatu. Tapi jangan khawatir, memburuknya serangan penyakit kronis ini bisa dicegah hanya dengan mengontrol keseharian. 

Penyakit asma menyebabkan pembengkakan saluran pernafasan sehingga seseorang menjadi sulit bernapas, mengalami sesak napas, atau terengah-engah. Pasien asma juga mungkin mengalami peradangan saluran pernapasan yang menyebabkan penyempitan saluran napas, mengi, atau bengek. 

Kini, ada banyak pusat asma yang dapat membantu pasien asma untuk mengontrol masalah pernapasan yang mereka hadapi. Dikatakan bahwa jika seorang pasien asma tetap awas dari pemicu serangan asma, mereka dapat mencegah semakin parahnya gangguan pernapasan. Para penderita asma harus menghindari pemicu-pemicu tertentu agar tidak mengalami gangguan pernapasan seperti mengi atau bengek, batuk, dada terasa berat, dan sesak napas. 

Dengan menghindari pemicu-pemicu itu, paru-paru dapat bernapas dengan normal dan hidup akan lebih panjang. Apa saja pemicu asma yang harus dihindari pasien? Inilah sepuluh pemicu asma yang harus dihindari, sebagaimana dilansir Boldsky. Tak perlu khawatir atau cemas, pemicu-pemicu asma bukan merupakan zat atau benda yang sulit dihindari, kok. 

Bunga-bungaan 


Serbuk sari bunga adalah salah satu zat yang bisa memicu asma. Serbuk sari yang berukuran sangat kecil itu bisa dengan mudah terbawa udara dan menyebabkan gangguan pernapasan bila masuk ke dalam saluran pernapasan penderita asma. 

Oleh karena itu, jika ada salah satu anggota keluarga yang menderita penyakit ini, sebaiknya hindari memelihara tanaman bunga di dalam ruangan. 

Kecoak 


Tahukah Anda, bagian tubuh kecoak yang terlepas bisa memicu asma? Berdasar penelitian, kecoak membawa banyak kuman yang tidak baik untuk pasien asma. Kuman-kuman itu akan ikut ketika bagian tubuh kecoak terlepas dari tubuh utama. 

Hewan peliharaan 


Hewan berbulu merupakan masalah lain bagi pasien asma. Hewan peliharaan seperti kucing adalah salah satu pemicu utama serangan asma. Serpihan kulit dan bahkan air liur hewan peliharaan juga bisa menyebabkan pembengkakan pada saluran pernapasan. 

Asap 


Asap adalah pemicu asma yang paling berbahaya. Jika Anda memiliki asma, tutupi hidung tiap kali Anda bepergian ke luar rumah. Cara ini mungkin agak merepotkan, tapi bisa menghindarkan Anda dari bengek atau sesak napas. 

Rokok 


Untuk menghindari serangan asma, salah satu hal yang penting untuk dihindari adalah merokok. Merokok menyebabkan saluran udara terhambat, memicu serangan asma, dan mengakibatkan pasien mengalami sesak napas. 

Perubahan musim 


Pergantian musim bukan hal yang dapat dihindari atau dicegah. Tetapi, pasien tetap dapat melakukan pencegahan untuk menghindari serangan asma. Pastikan untuk menutup tenggorokan, hidung, dan mulut sebelum melangkah ke luar rumah. Tetap lindungi saluran pernapasan dengan baik selama cuaca ekstrim berlangsung. 

Makanan tertentu 


Makanan tertentu seperti kedelai, kacang, juga udang, dapat memicu serangan asma. Jika Anda pernah mendapat serangan asma setelah mengonsumsi salah satu makanan tersebut, sebaiknya hindari konsumsi makanan itu. 

Kondisi emosional 


Ya, emosi memainkan peranan penting dalam parah atau tidaknya serangan asma. Emosi yang tenang dan stabil dapat menghindarkan penderita dari serangan asma. Sedangkan stres yang menumpuk dapat menyebabkan kegelisahan dan sesak napas. 

Jamur 


Jangan bayangkan sup jamur atau keripik jamur. Jamur yang dimaksud adalah jamur-jamur renik pada tanaman atau pada permukaan perabot rumah. Jamur-jamur renik itu dapat dengan mudah terbawa udara dan dapat memicu serangan asma. Jika Anda memelihara tanaman ruangan di dalam rumah, pastikan untuk memberinya banyak sinar matahari dengan cara membuka jendela. Kelembapan yang terlalu tinggi menyebabkan jamur berkembang biak dengan cepat dan memengaruhi pasien asma. 

Parfum 


Parfum yang terlalu kuat adalah salah satu hal yang bisa memicu serangan asma. Aroma sangat kuat dari parfum akan mengakibatkan pembengkakan saluran pernapasan dan akhirnya menyebabkan sesak napas. (detikhealth)


BACA JUGA : 

Makanan-makanan Sehat Pencegah Sakit Asma 

Inilah yang Terjadi pada Tubuh saat Berhenti Merokok 

Tips Mengatasi Flu pada Ibu Hamil 

Renuves Capsules ~ Suplemen yang mengandung oksigen alami
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.