5 Nutrisi Pencegah Hipertensi


Kaitan antara makanan dan penyakit yang kita derita sudah menjadi kajian sejak lama. Tidak hanya jumlah makanan yang kita makan, jenis makanan yang kita konsumsi pun memiliki dampak signifikan pada kesehatan kita. Termasuk hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan demikian, pola makan dan perubahan gaya hidup sangat penting dalam pengobatan yang efektif terhadap penderita tekanan darah tinggi.

Kita bisa mencegah agar tidak menjadi penderita hipertensi melalui makanaan. Berikut ini beberapa nutrisi yang terdapat dalam makanan yang dapat mencegah tekanan darah tinggi. 
  1. Kalium
    Banyak penelitian yang mendukung fakta bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung kalium secara teratur dapat membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Sumber kalium yang baik adalah buah-buahan dan sayuran seperti kentang, bayam, tomat, pisang, dan jeruk.

  2. Kalsium diperlukan untuk kontraksi dan relaksasi otot-otot jantung. Jelaslah kalsium adalah nutrisi penting untuk memerangi hipertensi. Susu rendah lemak, yoghurt, sayuran berdaun hijau, almond, biji wijen, dan tahu adalah sumber kalsium yang baik.

  3. Makan tujuh gram serat per hari dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik (tekanan ketika jantung berdetak) dengan lima poin. Sereal, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran, memberikan tambahan asupan serat.

  4. Omega-3
    Asam lemak omega-3 membantu mengurangi kolesterol, mengencerkan darah yang terlalu kental, dan mengurangi tekanan darah tinggi. Ini juga dapat mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Sumber omega-3 adalah ikan, minyak zaitun, kenari, gandum, dan kedelai.

  5. Magnesium
    Magnesium dapat membuat arteri lebih rileks. Sebuah penelitian selama empat tahun dengan 30.000 responden menunjukkan, mereka yang mengonsumsi magnesium dalam makanan memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan dengan kelompok lainnya. Biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, roti gandum, atau tahu merupakan beberapa sumber yang baik dari magnesium.
Jangan lupa juga untuk selalu mengontrol tekanan darah kita untuk mencegah penyakit kronis lainnya. Buatlah agar selalu normal. (intisari)

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.