Sudah Tahu Penyebab Rambut Rontok?


Siapa yang tidak panik melihat helaian-helaian rambut rontok ketika disisir? Tidak ada wanita bahkan pria yang rela rambutnya berguguran setiap hari bukan?

Kerontokan rambut bukan hanya masalah kaum wanita, ancaman kebotakan akibat rambut rontok juga merupakan masalah besar bagi kaum pria. Adalah hal yang normal ketika rambut rontok terjadi hanya sekitar 100 helai per hari. Jika lebih dari itu, segeralah mencari perawatan yang tepat untuk mengatasinya.

Setiap helai rambut tumbuh dari akar rambut yang tertanam di kulit kepala. Secara alami setiap helai rambut akan terus tumbuh selama 6 tahun kemudian berhenti di masa istirahat selama 4 bulan sebelum mati. Dalam pertumbuhan normalnya, setiap helai rambut mengalami 4 fase yaitu: Active Growth, Regression Phase, Resting Phase dan Loss of Fibre. Siklus pertumbuhan rambut ini banyak tergantung oleh faktor genetis setiap manusia. Rambut pria lebih rentan mengalami kerontokan dari wanita.

Ada beberapa gaya hidup yang menyebabkan rambut rontok dengan cepat, di antaranya adalah:

·         Penataan rambut yang salah dalam jangka waktu lama. Wanita yang suka mengikat rambut dengan gaya ekor kuda selama bertahun-tahun, atau mengikat rambut dengan erat, akan mengalami kerontokan rambut lebih cepat daripada yang membiarkan rambutnya tergerai.
·         Menggosok rambut basah dengan handuk. Karena kondisi rambut paling rapuh adalah dalam keadaan basah.
·         Pengeringan rambut dengan hair dryer, catok rambut dan lain sebagainya. Panas yang dihasilkan dari alat pengering rambut dapat menyebabkan rambut rapuh. Para ahli dermatologist merekomendasikan pengeringan alami daripada menggunakan pengering rambut.
·         Penggunaan produk pewarna dan gel rambut dalam jangka waktu lama. Para ahli menyarankan untuk membatasi penggunaan gel rambut pada rambut pria.

Selain faktor luar, perhatikan juga pertanyaan di bawah ini ketika mengalami kerontokan rambut:

·         Apakah kulit kepala Anda berketombe? Rambut akan mudah tercabut dari akarnya ketika kulit kepala yang gatal akibat ketombe digaruk.
·         Apakah Anda stress? Pada beberapa kasus, stres dapat membuat rambut menjadi lemah dan rontok
·         Apakah Anda kekurangan nutrisi? Di dalam tubuh yang sehat, terdapat nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh rambut untuk tumbuh sehat.
·         Apakah Anda sedang hamil? Saat masa kehamilan, asupan nutrisi dan vitamin yang dikonsumsi oleh tubuh tentunya harus lebih banyak. Saat kebutuhan nutrisi dan vitamin tak tercukupi, maka kerontokan rambut akan terjadi.
·         Apakah Anda perokok? Perokok berat empat kali lebih cepat mengalami kebotakan daripada yang bukan perokok.

Jangan panik ketika Anda mulai melihat jumlah rambut rontok lebih dari 100 helai per hari. Perhatikan faktor-faktor penyebab kerontokan rambut di atas, dan perbaiki segera gaya hidup dan mencari perawatan rambut yang tepat. Saat ini di pasaran ada beragam shampoo dan conditioners untuk perawatan rambut rontok namun tidak semuanya dapat mengatasi secara langsung dari akarnya.

Pilihlah produk perawatan yang bisa mengurangi kerontokan rambut mulai dari menguatkan akar rambut hingga ke ujungnya. Lengkapi perawatan dengan hair tonic yang dapat memberi nutrisi pada kulit kepala dan menguatkan akar rambut.

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan rambut rontok. (vemale)


 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.