6 Tips Dasar Cegah Gangguan Pencernaan

Gangguan percernaan menjadi keluhan paling umum dirasakan oleh kebanyakan orang, seperti kembung, masuk angin, maag, sulit buang air besar, dsb. Namun jika itu terlalu sering dirasakan, seperti Anda harus berpikir dan mencoba mengubah gaya hidup Anda. 

1. Ubah kebiasan makan 

Diet yang tepat, mengkonsumsi makanan ringan sebagai ganti makanan berat, mengunyah yang terlalu cepat adalah penyebab yang signifikan terganggunya sistem percernaan. 

Ketika kita makan, kita memproduksi 22 jenis enzim dengan bantuan kelanjar ludah, kelenjar lambung, pankreas dan usus kecil. Masing-masing enzim bekerja sesuai bahan makanan kita.

Seperti protease melarutkan protein, amilase mencerna karbohidrat, dan lipase memecah lemak dan lipid. 

Dengan pengolahan ini enzim pencernaan membantu tubuh mencerna dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan. Oleh karena itu penting untuk memberikan perhatian khusus terhadap proses makan. 

Ada banyak rekomendasi untuk memperbaiki sistem pencernaan, dan ini yang paling dasar yang bisa Anda mulai lakukan. Seperti dilansir dari geniusbeauty.com

2. Banyak makan serat, jangan lupakan air 

Dengan membantu pencernaan, serat juga berfungsi mencegah diabetes, jantung koroner, wasir, kanker usus besar. Sayuran, buah-buahan, biji-bijian adalah sumber serat yang utama. 

3. Hindari makanan yang memproduksi angin 

Apa sih makanan yang memproduksi angin? ini termasuk kacang-kacangan, kubis, brokoli dan juga soda.

4. Mengunyahlah lebih perlahan 

Mengunyah adalah salah satu bagian yang penting dari pencernaan namun seringkali diabaikan. Ketika mengunyah, kelenjar ludah dan lambung menerima sinyal untuk memproduksi enzim.

Jadi jika kita sedikit sekali mengunyah, enzim yang dihasilkan juga akan sedikit, ini tidak akan membantu proses pencernaan yang baik. 

5. Mulailah berolahraga 

Aktivitas fisik membantu mengurangi sebagian besar masalah pencernaan dan ini menghindari stres. 

Para ilmuwan telah membuktikan hubungan antara aktivitas fisik dengan obesitas, sakit perut, diare dan gejala iritasi usus. Stres membuat aliran darah ke perut menurun sehingga mengurangi produksi enzim pencernaan dan memperlambat proses pencernaan. 

6. Sadar akan makan kita 

Mungkin kita harus mulai menjalani anjuran berhentilah makan sebelum kenyang, untuk mencegah makan yang berlebihan. Percernaan yang sehat, menikmati makanan dan menghindari kebiasaan yang bisa memicu seperti berlebihan main komputer dan menonton televisi, bisa membantu Anda menjalani kehidupan tanpa rasa sakit. (inilah)









 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.