10 Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol dalam darah harus tetap seimbang dalam tubuh agar tetap berfungsi dengan baik. Karena, jika kadar kolesterol meningkat, akan ada penyumbatan dalam pembuluh darah yang berbahaya bagi jantung. 

Lalu, apa sebenarnya yang memicu peningkatakan kadar kolesterol? Mari kita simak dari Health Me Up ini. 

1. Diet tak sehat

Konsumsi lemak jenuh berlebihan menjadi penyebab utama mengapa kadar kolesterol dalam tubuh meningkat secara drastis. Lemak jenuh biasanya kaya lemak dan koleseterol yang ditemukan dalam makanan seperti daging, mentega, dan keju. Batasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

2. Genetik

Kadar kolesterol juga tampaknya dipengaruhi oleh faktor keturunan. Jadi, jika kita memiliki sejarah keluarga berkolesterol tinggi, sebaiknya waspada dan rajin menemui dokter. Biasanya, kolesterol tinggi gen pewaris berisiko tinggi penyakit jantung dan stroke. 

3. Obesitas

Masalah ini sering disebut-sebut sebagai sumber berbagai penyakit, termasuk kadar kolesterol dalam tubuh. Agar tidak meningkat, sangat dianjurkan bagi mereka yang mengalami obesitas untuk menurunkan berat badannya. Karena jika dibiarkan, obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit lain dalam tubuh. 

4. Malas beraktivitas

Seperti duduk sepanjang hari di depan layar televisi dan malas berolahraga. Hati-hati, kebiasaan ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Mulai sekarang, mari kita aktif dan berolahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran dan kontrol kolesterol agar tetap seimbang. 

5. Merokok

Peran rokok di dalam tubuh dapat mengurangi kadar kolesterol baik dan meningkatkan kolesterol jahat. Akhirnya, berbagai penyakit akan mengancam tubuh kita. Jadi, berhentilah merokok. Meskipun sulit, cobalah untuk mengurangi sedikit demi sedikit sampai dapat berhenti total. 

6. Usia dan jenis kelamin

Kadar kolesterol juga tampaknya meningkat dengan bertambahnya usia sejak umur 20 tahun. Terus naik hingga umur 60 – 65 tahun. Wanita cenderung rendah kolesterolnya sebelum menopause. Namun, kolesterol mereka naik secara dramatis setelah menopause

7. Obat-obatan

Mungkinkah obat menyebabkan kadar kolesterol meningkat? Mungkin saja! Jika kita ingin mengasup obat tertentu, konsultasikan dahulu dengan dokter. Siapa tahu, obat tersebut dapat menaikkan kolesterol tubuh Anda. 

8. Alkohol

Mengonsumsi alkohol yang berlebihan secara teratur akan merusak hati, otot jantung, dan akhirnya menyebabkan peningkatan tekanan darah. Bukan hanya itu, kadar kolesterol pun akan meningkat. Oleh karena itu, batasi konsumsi alkohol. 

9. Stres

Ketika seseorang stres, mereka akan cenderung untuk merokok, minum alkohol, dan makan makanan yang tidak sehat. Kebiasaan ini jelas sekali akan menaikkan kadar kolesterol. Karena itu, hindari atau segera atasi stres sebelum kita melakukan kesalahan yang mempengaruhi kenaikan kadar kolesterol. 

10. Penyakit

Penyakit tertentu, seperti diabetes, juga mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk masalah seperti ini, kita harus lebih berhati-hati dan konsultasikan dengan dokter. Pastikan kadar kolesterol kita tetap seimbang dan tidak berisiko menyebabkan penyakit lain. (intisari)











 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.