Patah Tulang Sebaiknya Berobat ke Mana?

patah tulang berobat ke mana obat patah tulang ampuh kalsium nhcp tiens
Pelayanan kesehatan tradisional yang cukup populer di masyarakat Indonesia adalah pengobatan patah tulang, atau sering disebut masyarakat sebagai dukun patah tulang

Namun jika Anda mengalami patah tulang, menurut dr. Rahyussalim, SpOT K-Spine, ahli bedah orthopaedi dan tulang belakang dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RS Cipto Mangunkusumo, sebaiknya hindari berobat ke para praktisi pengobatan patah tulang terseubt. 

“Banyak dukun patah tulang yang membuka praktik tanpa kita ketahui kompetensi mereka sehingga tidak dapat dipertanggungjawabkan,” tutur dr. Rahyussalim. 

Meskipun ada beberapa tempat pengobatan alternatif yang dukun patah tulangnya telah mendapat pelatihan dan kompeten untuk menangani patah tulang ringan, namun banyak sekali laporan kasus yang menyebutkan penderita patah tulang masih memiliki keluhan yang bervariasi, mulai dari nyeri, jalan pincang, anggota badan bengkok, gerakan sendi yang tidak optimal dan terjadi pemendekan ruas tulang yang signifikan. 

“Memang tidak mematikan, tetapi patah tulang yang diobati dukun seringkali mengakibatkan tangan pasien tidak bisa berfungsi dengan baik, seperti tidak bisa mengarahkan makanan tepat di mulut. Atau, misalnya, jalan pasien jadi pincang karena kakinya panjang sebelah,” tambahnya. “Padahal, bila penderita datang ke poliklinik ortopedi dan kemudian mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan pelayanan ortopedi yang dicapai oleh ortopedi Indonesia saat ini, maka saya optimis mengatakan, 95% gejala sisa itu dapat diatasi dan seharusnya tidak terjadi.” 

Secara umum, patah tulang merupakan terpisahnya bagian tulang yang satu dengan bagian tulang yang lain, yang sebelumnya adalah kesatuan. Gejala yang biasanya terjadi adalah rasa nyeri ringan yang terlokalisir pada bagian yang patah dan akan semakin memberat jika digerakkan. Selain itu, juga bisa terjadi bengkak di sekitar bagian yang cedera, bengkak, memar, luka lecet, perdarahan sampai tidak mampu menggerakkan anggota badan yang seharusnya digerakkan oleh tulang yang patah tersebut. 

Berbicara mengenai penyembuhan patah tulang, menurut dr. Rahyussalim, kita seharusnya melihat secara utuh. “Bila kita menjumpai seseorang patah tulang lengan, maka kita harus melihat apakah masalahnya hanya patah tulang, atau ada juga cedera lain yang menyertai, seperti robekan otot, cedera pembuluh darah, cedera saraf, cedera sendi dan lain-lain,” jelasnya. 

Jika masalah yang dialami hanya patah, maka kesembuhan terjadi ketika ujung-ujung tulang yang patah tepat menyambung pada posisi patahan. Untuk mengembalikan ujung-ujung yang patah itu akan dilakukan reposisi, dan untuk memberikan kesempatan tulang menyambung, akan dipasang penyangga. 

“Nah, seringkali hal itu tidak dapat dilakukan dengan baik oleh dukun patah tulang. Misalnya, reposisi yang seadanya, kemudian memasang penyangga yang tidak stabil sehingga mudah bergeser, atau malah terlalu kencang sehingga mengganggu pembuluh darah,” tambah dr. Rahyussalim. Manipulasi yang tidak tepat memang pada akhirnya akan menyebabkan tulang yang patah menyambung, namun tidak dalam posisi normal. (readersdigest)

Obat Patah Tulang Ampuh Alami Kalsium NHCP Tiens

Tiens Nutrient Calcium Powder (NHCP) ~ Kalsium Terbaik Obat Patah Tulang Ampuh Alami






 

BACA JUGA : 

Pertolongan Pertama Patah Tulang 

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.