Studi : Kalsium Adalah Pembakar Lemak Terbaik

kalsium, tiens, nhcp, pembakar, lemak, terbaik, dunia
Anda tentu sudah mengenal kalsium sebagai mineral penting untuk kesehatan tulang. Tetapi banyak penelitian telah membuktikan bahwa kalsium juga penting dalam proses diet untuk menurunkan berat badan. Lalu bagaimana peran kalsium dalam diet Anda? 

Kalsium adalah pembakar lemak


Pola makan yang tinggi kalsium dalam program diet Anda akan lebih banyak mendukung pembakaran lemak tubuh daripada penyimpanan lemak. Para peneliti mengatakan hal ini karena kalsium yang disimpan dalam sel-sel lemak memainkan peranan penting dalam penyimpanan dan pemecahan lemak. 

Studi: Kalsium Tingkatkan Pembakaran Lemak 


Edward Melanson, PhD, dan James Hill, PhD, melakukan penelitian pada 35 orang dewasa sehat non-obese dalam jangka waktu 24 jam kemudian diukur pengeluaran energi mereka sehari-hari. Penelitian ini pun menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kalsium lebih banyak menggunakan lebih banyak lemak sebagai bahan bakar dibandingkan dengan mereka yang intake kalsiumnya lebih rendah. 

Dalam dekade terakhir, banyak studi klinis yang dilakukan menunjukkan bahwa asupan kalsium yang tinggi dapat mengubah metabolisme sel-sel lemak, menyebabkan berkurangnya lemak yang disimpan dan lebih banyak lemak yang akan dipecah dan dibakar jadi energi. 

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang dengan asupan kalsium yang tinggi memiliki berat badan dan persentase lemak tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang dengan asupan kalsium rendah, yang memiliki persentase lemak tubuh lebih tinggi. Asupan kalsium harian yang rendah juga dikaitkan dengan kecenderungan peningkatan berat badan lebih besar, terutama pada wanita. 

Rekomendasi Asupan Kalsium Harian 


Angka Kecukupan Gizi (AKG) rata-rata yang dianjurkan saat ini adalah 1.000 miligram per hari, dan sedikit lebih tinggi untuk remaja, dewasa muda dan ibu hamil atau menyusui. Namun, berbagai survey dan penelitian menunjukkan bahwa kita biasanya hanya mengonsumsi 600-700 miligram kalsium per hari, bahkan banyak yang jauh di bawah jumlah itu. Untuk itulah, suplementasi kalsium banyak direkomendasikan untuk dimasukkan ke dalam pola diet sehari-hari. 

Studi telah membuktikan bahwa kalsium memainkan peran penting dalam pengaturan berat badan dan terutama pada metabolisme lemak (dalam proses lipolisis, oksidasi lemak, lipogenesis, pengeluaran energi dan penekan nafsu makan) dan dengan demikian merupakan suplemen yang berguna bagi mereka yang mencari solusi untuk menurunkan berat badan dan kadar lemak tubuh. 

Sebagai contoh, Zemel et al (2002) melihat pengaruh suplemen kalsium pada orang dewasa gemuk yang melakukan diet, dan menemukan bahwa diet tinggi kalsium (1200-1300 mg/hari) menghasilkan penurunan berat badan dan lemak tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan diet rendah kalsium (400-500 mg/hari). 

Namun, sebuah studi baru menunjukkan bahwa wanita obese yang mengonsumsi 900 mg kalsium per hari dapat meningkatkan kemampuan tubuh mereka untuk membakar lemak, di mana kemampuan ini ditingkatkan dengan status vitamin D dalam tubuh yang baik. Untuk itulah, banyak suplemen kalsium juga dilengkapi dengan vitamin D untuk mengoptimalkan hasilnya. 

Nah, setelah mengetahui pentingnya asupan kalsium bagi diet Anda, maka mulailah penuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Dengan mencukupi kebutuhan kalsium harian berarti Anda berpeluang membakar lemak lebih banyak lagi untuk mendapatkan tubuh ideal. (duniafitnes)


BACA JUGA : 

Tips Diet Sehat 

Jangan Asal Diet, Pahami Dulu 5 Hal Cerdas Ini 

Ini Sebabnya Diet Rendah Karbohidrat Jarang Berhasil 

Tanda Kalau Diet Anda Ternyata Salah
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.