Pola Makan Penangkal Kanker Payudara

pola makan dan hidup sehat untuk menangkal kanker payudara
Gaya hidup moderen dengan makanan yang serba praktis dan siap saji dicurigai menyebabkan peningkatan terjadinya kanker. Oleh karena itu, pencegahan kanker payudara bisa dilakukan lewat pola makan. 

Makan dan minum adalah bagian penting dalam kehidupan kita. Bahan yang terkandung dalam makanan dan minuman itu mempengaruhi kesehatan kita. Ketika sedang sakit seperti kanker payudara atau melindungi diri dari kanker payudara, tentu kita harus memperhatikan asupan setiap hari. 

Para ahli gizi merekomendasikan pola makan dengan gizi lengkap sesuai dengan kebutuhan kita. Mereka menganjurkan kita agar mengonsumsi makanan bervariasi setiap hari dengan jumlah secukupnya untuk mendapatkan tubuh sehat. Makanan itu juga tak pernah melupakan sayuran dan buah yang kaya akan serat, vitamin dan mineral. 

Fahma Sunarja, ahli gizi senior dari Parkway Cancer Center Singapore punya 10 rekomendasi untuk mengurangi risiko kanker. “Rekomendasi ini terkait dengan lemak tubuh, aktivitas fisik, makanan kaya energi, makanan dari tumbuhan serta makanan dari hewan, minuman beralkohol, suplemen diet dan makanan awetan,” ujar ahli gizi asal Indonesia ini. 

Lemak Tubuh 


Pembatasan konsumsi lemak diperlukan untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Para ahli percaya bahwa penurunan konsumsi lemak dapat memperlambat perkembangan kanker payudara. Kurangnya konsumsi lemak ini membatasi kebutuhan energi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tumor. 

Lemak tubuh bukan hanya didapat dari konsumsi makanan berminyak. “Kelebihan konsumsi karbohidrat akan disimpan oleh tubuh menjadi lemak,” kata Fahma. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan konsumsi karbohidrat harian kita. Sering tanpa disadari kita mengasup terlalu banyak nasi, gula, mie dan tepung-tepungan. 

Hidup Aktif 


Gaya hidup yang malas bergerak akan membuat tubuh jadi mudah gemuk. Fahma menyarankan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari. “Hindari gaya hidup yang jarang bergerak,” katanya. 

Hindari Makanan Kaya Energi 


Jenis makanan kaya energi ini harus diakui sangat disukai kebanyakan orang. Makanan seperti ini hanya memberi energi secara instan tapi miskin gizi. Kalau kebanyakan, badan jadi mudah gemuk. “Jenisnya berupa makanan kaya gula dan lemak seperti yang ada di restoran fast food. Juga makanan berminyak yang digoreng secara deep fried,”ujar Fahma. Jenisnya seperti kentang goreng kesukaan Anda, bisa juga berupa tempe mendoan atau tahu goreng. 

Hindari Makanan Awetan 


Makanan yang termasuk jenis ini adalah makanan yang diawetkan dan diasinkan. “Batasi makanan yang diproses seperti sosis, nugget dan lain-lain. Hindari zat penyebab kanker bernama aflatoksin yang ada di kacang. Hindari juga sereal yang sudah berjamur,” kata Fahma. 

Waspadai juga ikan atau daging yang diawetkan karena mengandung N-Nitroso. Dalam jangka panjang tentu zat ini merugikan kesehatan. 

Perbanyak sayur dan buah 


Sajian yang disarankan untuk buah dan sayur adalah dua porsi buah dan dua porsi sayur. “Makan dari sumber tumbuhan itu kaya akan fitokimia, karotenoid dan serat,” kata Fahma. Semua zat gizi itu berguna membantu tubuh memerangi zat radikal bebas yang merugikan kesehatan tubuh kita. 

Batasi konsumsi makanan bersumber hewani 


Untuk melindungi tubuh dari kanker, Fahma menyarankan agar kita membatasi konsumsi makanan bersumber hewan dengan kandungan lemak tinggi. Boleh konsumsi daging namun dipilih yang tidak berlemak. Sedangkan untuk susu, ia menyarankan konsumsi susu rendah lemak. 

Suplementasi vitamin dan mineral 


Sumber gizi terbaik untuk tubuh kita tetap berasal dari tanaman segar. “Coba penuhi kebutuhan gizi dari makanan segar, bukan dari pil suplemen. Usahakan kita memvariasikan makanan setiap hari agar kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi,” kata Fahma. (kompashealth)


BACA JUGA : 

Tips Kenali Gejala Awal Kanker 

Selamatkan Payudara dari Kanker 

Terungkap, Faktor Risiko Utama Kanker Payudara 

Pentingnya Beta Karoten Mencegah Kanker

No comments:

Post a Comment

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.