5 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui

5 tips menurunkan berat badan saat menyusui
Saat menyusui bagi ibu yang baru melahirkan adalah saat yang tepat untuk menurunkan berat badan. Menyusui sendiri membantu ibu untuk menurunkan berat badan. Meski begitu, diet saat menyusui tak bisa dilakukan dengan sembarangan karena juga bisa mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembang bayi yang disusui. 

Diet sebenarnya bukanlah pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan saat menyusui. Penelitian menunjukkan bahwa wanita akan membakar hingga 300 kalori saat menyusui. Ini membuat wanita lebih mudah lapar ketika menyusui dan akan lebih sulit untuk berdiet. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan saat menyusui. 

Berikut adalah beberapa cara menurunkan berat badan saat menyusui, seperti dilansir oleh Boldsky.

Mengonsumsi makanan sehat 


Ini adalah salah satu cara menurunkan berat badan ketika menyusui. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang menyehatkan, ditambah dengan beberapa cemilan sehat di sela-sela waktu makan. Ini akan membantu ibu mengontrol rasa makan sembari menurunkan berat badan. 

Penuhi kebutuhan carian tubuh 


Memenuhi kebutuhan cairan dan cukup minum adalah tips penting saat menyusui. Anda tak boleh mengalami dehidrasi ketika berusaha menurunkan berat badan saat menyusui. Anda harus mengonsumsi lebih banyak cairan dari biasanya. Air dan jus adalah cairan yang bisa Anda dapatkan untuk memastikan bahwa Anda memiliki cukup energi untuk menyusui. Secara bersamaan, memenuhi kebutuhan cairan akan membantu Anda menurunkan berat badan. 

Diet seimbang 


Jangan mengurangi makan terlalu banyak. Diet yang seimbang adalah kunci untuk menurunkan berat badan saat menyusui. Konsumsi lebih banyak sayur dan ubah-buahan, hindari makanan olahan, dan tambahkan pula protein dan daging tanpa lemak. Ini merupakan salah satu tips untuk menurunkan berat badan saat menyusui. 

Olahraga 


Berolahraga, terutama berfokus di bagian perut adalah cara baik untuk menurunkan berat badan dan membuat tubuh kembali ideal. Meski begitu, sebelum melakukan olahraga perut atau olahraga yang berat sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda. Keadaan ibu hamil dan setelah melahirkan berbeda-beda. Ada yang belum cukup fit untuk melakukan olahraga yang sedikit berat. 

Olahraga kardio 


Jangan bayangkan olahraga kardio yang terlalu berat. Berjalan-jalan santai secara teratur di pagi hari saja sudah bisa membantu Anda menurunkan berat badan saat menyusui. Lakukan dengan perlahan sehingga tidak membebani tubuh Anda sehabis melahirkan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan dan saat menyusui. Ingat bahwa nutrisi yang dikonsumsi ibu berpengaruh pada kesehatan bayi yang disusui, sehingga penting untuk memilih makanan sehat dan tidak melakukan diet yang berlebihan. (merdeka)


BACA JUGA : 

Makanan Yang Harus Anda Konsumsi Setelah Melahirkan 

Tips Diet Bagi Ibu Menyusui Untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak 

Tidur yang Baik Mampu Menurunkan Berat Badan 

Studi : Kalsium Adalah Pembakar Lemak Terbaik
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.