Tips Agar Rambut Sehat

tips agar rambut selalu sehat
Rambut sehat berkilau adalah damban setiap orang sebagai simbol kecantikan. Ini terbukti dengan dikeularkannya jutaan dolar setiap tahun untuk produk perawatan rambut. 

Berikut ini saran yang bisa membantu agar rambut tetap sehat: 

Perlakukan rambut dengan lembut 


Rambut basah sangat rapuh karena dapat teregang. Bila memungkinkan, keringkan rambut tanpa alat pengering. Sikat dengan bahan alami akan lebih baik daripada sikat sintetis, karena sikat sintetis dapat mematahkan rambut. Jika lebih menyukai sisi, gunakan sisir dengan gigi yang jarang, untuk menghindari cedera rambut. Jika sampai harus menggunakan pengering rambut, gunakan dengan temperatur rendah, dan biarkan rambut masih sedikit lembap. 

Cuci rambut bila diperlukan 


Seberapa banyak rambut perlu dicuci, tergantung pada jenis rambut, keadaan cuaca, aktivitas fisik, dan bahkan mungkin aktivitas. Mencuci rambut setiap hari tidak merusak rambut, selama dilakukan secara lembut. 

Pilihlah model rambut yang sehat 


Gaya dan penataan rambut tertentu dapat menyebabkan rambut patah atau kerusakan akar. Hindari menjalin rambut terlalu kuat, menyanggul atau mengikat rambut terlalu kencang, juga jangan terlalu kencang menggulung rambut. 

Menggunakan secara berlebihan penggulung yang dipanaskan listrik, atau penggulung listrik yang panas dapat merusakkan rambut, bahkan membuat rambut jadi kasar. Gunakan peralatan ini secara berhati-hati. 

Berhati-hati dengan pewarnaan 


Pemutih rambut secara kimiawi mengubah butiran melanin pada lapisan tengah tiap helai rambut. Meski dilakukan secara berhati-hati, pemutihan yang terus-menerus, tetap dapat merusak rambut yang sehat dan kuat, hanya saja ini tidak sampai merusak akar rambut, tempat tumbuhnya rambut baru. 

Pewarna rambut bekerja mirip cat, yaitu melapisi tiap helai rambut dengan warna atau mencampurnya dengan granula melanin tanpa mengubahnya. Jenis pewarna ada yang untuk sementara, yang akan luntur bila dicuci. Selain itu ada jenis semipermanen dan permanen, yang menembus rambut. 

Hindari kerusakan akibat bahan kimia dan sinar matahari 


Terlalu banyak terpapar sinar matahari, angin dan bahan kimiawi air kolam renang dapat membuat rambut kering dan kusut. 

Mengonsumsi makanan secara berimbang 


Kualitas rambut sebagian dapat mencerminkan kecukupan gizi. Berbeda dengan yang pernah kita dengar atau baca, mengonsumsi ekstra protein atau asam amino ternyata tidak meningkatkan pertumbuhan rambut. Namun, diet cepat untuk menurunkan berat badan serta gangguan makan seperti anoreksia nervosa, secara dramatis dapat sangat merusak rambut. 

Nah, itu tadi perawatan agar rambut tetap sehat. Semoga bermanfaat. (intisari)


BACA JUGA : 

Makanan Yang Mampu Mencegah Kebotakan 

Solusi Ampuh Atasi Rambut Rontok 

Daftar Makanan untuk Mempercepat Rambut Tumbuh Kembali

Jauhi 7 Penyakit Ini dengan Suplemen Seng, Tiens Zinc CapsulesTumbuh Kembali
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.