Daftar Makanan yang Harus Dibatasi untuk Mencegah Kulit Keriput

daftar makanan yang harus dihindari untuk mencegah kulit menua dan keriput
Mengontrol porsi dan menu asupan sehari-hari tak hanya akan berpengaruh terhadap berat badan lho. Ahli menyebutkan hal ini rupanya juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit Anda. Terlalu banyak mengonsumsi jenis asupan tertentu juga disebut-sebut dapat mempercepat proses penuaan kulit, efeknya kulit pun menjadi lebih cepat keriput. 

Penasaran apa saja asupan yang sebaiknya mulai dikontrol? Simak rangkuman detikHealth berikut: 

Minuman beralkohol 


Konsumsi minuman beralkohol pada malam hari dapat menimbulkan dehidrasi esok harinya. Minuman ini juga menyebabkan tubuh memetabolisme sedikit air. Oleh sebab itu, minuman beralkohol dapat menyebabkan keriput dini, kehilangan kolagen, elastisitas kulit berkurang, kulit kemerahan, dehidrasi, dan bengkak. 

Ahli kesehatan kulit dari Rosacea Treatment Clinic di Melbourne, Australia, dr De Fiori, mengatakan bahwa konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit dan dapat mengurangi penyerapan nutrisi dari makanan. Pada akhirnya kondisi ini berkontribusi pada munculnya kulit kering, ruam, psoriasis dan dermatitis. 

Pemanis dan pewarna buatan 


Pemanis buatan seperti Aspartame dapat mengiritasi tubuh jika Anda memiliki sensitivitas atau alergi terhadap produk ini. Penggunaan pemanis buatan berlebihan juga dapat menyebabkan konsumsi berlebihan dari makanan dengan indeks glikemik (IG) tinggi. 

Menurut dr Fiori, hal ini dikarenakan produk tersebut umumnya mendorong seseorang untuk 'mengidam' gula, yang akan meningkatkan efek penuaan. Menurut Harvard Health Publications Harvard Medical School, produk alternatif bebas gula memang dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil, tapi biasanya juga dapat menyebabkan seseorang mencari ganti kalori yang hilang melalui sumber-sumber lain. 

Mengonsumsi makanan dengan pemanis buatan berlebihan juga dapat membuat seseorang lebih banyak makan makanan dengan nilai gizi kurang yang dapat membahayakan kesehatan kulit Anda. 

Karbohidrat 


Roti putih dan pasta merupakan contoh karbohidrat dan makanan dengan IG tinggi, yang jika dikonsumsi berlebihan dapat merusak kolagen dan serat pada kulit. Harvard School of Public Health juga menyebutkan bahwa konsumsi makanan dengan IG tinggi secara berlebihan berkaitan dengan risiko jerawat. Hal ini disebabkan adanya peningkatan kadar glukosa dan insulin. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih produk-produk yang terbuat dari gandum utuh. 

Makanan pedas 


Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas tidak hanya membuat Anda menjadi mudah berkeringat dan meningkatkan metabolisme, tapi juga berpengaruh terhadap individu yang sensitif, terutama mereka dengan rosacea. Rosacea sendiri merupakan kondisi di mana kulit mengalami peradangan dan kemerahan cukup parah. 

"Makanan pedas juga memicu vasodilatasi yang dapat menyebabkan wajah menjadi kemerahan karena adanya dilatasi dan kerusakan kapiler," ungkap dr Fiori. Masalah pada pembuluh kapiler ini dapat membuat kulit menjadi tidak bersih, cerah dan awet muda akibat adanya pelebaran pada pembuluh darah. 

Gula 


Diet tinggi gula mengaktifkan enzim yang dapat mengurangi jumlah kolagen yang sehat pada kulit. Efeknya, kulit pun tampak kusam dan tak sehat. Konsumsi gula berlebihan juga diketahui dapat menurunkan kualitas kolagen sehingga kulit menjadi lebih rentan terhadap kerutan dini. (detikhealth)


BACA JUGA : 

Hati-hati Suntik Vitamin C 

Mengatasi dan Menghilangkan Kulit Kering 

Tanaman Herbal Alami Yang Membuat Kulit Anda Semakin Putih 

Tiens Vitaline Softgel - Suplemen Kecerdasan Otak, Obat Jerawat Alami, Obat Anti Aging
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.