Daftar Makanan yang Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Daftar Makanan Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol
Selain membuat seseorang berisiko terkena serangan jantung, menurut sebuah studi terbaru kolesterol tinggi juga akan membuat Anda berisiko terkena Alzheimer. 

Yuk, turunkan kadar kolesterol dalam darah dengan 8 asupan berikut. Dikutip dari Times of India, berikut daftar asupan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah: 

Oats 


Ada baiknya kini Anda menyiapkan oat sebagai menu sarapan. Sebab dua porsi oat setiap hari dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat sebesar 5,3 persen hanya dalam waktu 6 pekan. Pada dasarnya, oat mengandung zat yang disebut beta-glucan, zat inilah yang memiliki kemampuan menyerap kolesterol jahat tersebut. 

Red wine 


Anggur merah yang digunakan dalam pembuatan red wine rupanya memiliki efek penting terhadap kadar kolesterol dalam darah. Selama dikonsumsi wajar dan tidak berlebihan, yaitu dua gelas dalam seminggu, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Ikan salmon 


Kaya akan asam lemak omega 3, salmon membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Ia memiliki kemampuan untuk mencegah jantung dari penyakit-penyakit seperti serangan jantung, stroke dan kolesterol tinggi. Selain salmon, ikan-ikan lain seperti sarden dan herring juga turut membantu meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 4 persen. 

Kacang-kacangan 


Lemak mono-unsaturated yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki molekul asam lemak paling rendah. Oleh sebab itu, kacang-kacangan merupakan cara terbaik bagi seseorang untuk bisa mendapatkan lemak sehat tanpa merasa bersalah. Karena lemak yang berasal dari kacang bersifat alami dan tidak diproses secara kimiawi, mengonsumsinya akan membuat jantung Anda juga sehat. 

Kacang polong 


Kacang yang biasanya digunakan dalam menu sayuran ini juga sangat baik untuk jantung. Setengah cangkir kacang yang ditambahkan dalam makanan, baik dalam bentuk sup maupun yang lain, membantu menurunkan kadar kolesterol sebesar 8 persen. 

Teh 


Teh memiliki antioksidan dan lebih sedikit kafein dari kopi. Secangkir kecil kopi mengandung sekitar 135 mg kafein, sementara teh hanya mengandung 30-40 mg. Teh juga membantu melindungi tulang karena mengandung phytochemical di dalamnya. Selain itu, kandungan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai 'pertahanan' terhadap kadar kolesterol LDL. 

Cokelat 


Para chocoholic bisa bernapas lega karena rupanya konsumsi cokelat, khususnya dark chocolate yang kaya akan antioksidan, mampu mengurangi kadar kolesterol. Menurut sebuah penelitian di Spanyol yang telah dipublikasikan dalam Journal of Hepatology, antioksidan dalam dark chocolate mampu mengurangi kerusakan yang dapat terjadi pada pembuluh darah. 

Bayam 


Bayam mengandung sekitar 13 senyawa flavonoid yang membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis. Mengonsumsi sekitar setengah cangkir bayam yang kaya akan lutein ini setiap hari akan membantu mencegah Anda terkena serangan jantung. (detikhealth)


BACA JUGA : 

10 Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi 

Lemak-Lemak Yang Sehat Untuk Dikonsumsi 

Inilah 4 Tanda Fisik Tunjukkan Resiko Serangan Jantung 

Siaga Stroke Usia Dini
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.