Makanan-makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Haid

makanan, harus, dikonsumsi, saat, haid, menstruasi
Ketika sedang haid, bisa dipastikan Anda akan merasa lelah, mudah marah, dan mengalami nyeri di perut. Oleh sebab itu, agar tubuh tetap fit, penting untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mengonsumsi makanan sehat melalui asupan tertentu. 

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, maka akan membantu melancarkan haid dan mengurangi munculnya gejala-gejala yang membuat Anda tak nyaman. 

Berikut daftar 8 asupan terbaik selama periode haid, seperti dilansir Boldsky

1. Sayuran berdaun hijau 


Sayuran berdaun hijau seperti bayam kaya akan zat besi yang diperlukan untuk tubuh selama periode haid. Namun, Anda harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan sebab bisa menimbulkan efek kembung. 

2. Ikan 


Salmon dan tuna adalah dua jenis ikan yang harus Anda konsumsi saat sedang periode haid. Kedua ikan ini memiliki banyak asam lemak omega 3 yang bagus untuk merelaksasi otot-otot dalam tubuh saat haid. 

3. Pisang 


Pisang kaya akan kalium dan vitamin B6 yang baik untuk meningkatkan dan memperbaiki suasana hati. Selain itu, makan pisang selama periode haid juga akan membantu mengatur pergerakan usus untuk terhindar dari masalah perut seperti diare. 

4. Air putih 


Dehidrasi merupakan salah satu masalah umum yang sering dihadapi wanita saat haid. Sebab, selama periode haid seorang wanita kehilangan banyak cairan tubuh. Oleh sebab itu, minumlah setidaknya 5 liter air putih per hari selama periode haid. 

5. Daging merah 


Daging merah mengandung banyak zat besi, yang banyak dibutuhkan oleh wanita saat sedang haid. Mengonsumsi daging merah tanpa lemak bersama salad akan membantu meningkatkan energi dan mengatur kelancaran aliran haid

6. Kacang-kacangan 


Jika Anda seorang vegetarian, mengonsumsi kacang-kacangan selama haid akan sangat dianjurkan. Kacang-kacangan termasuk kacang mete, kacang tanah, kacang bogor, walnut, biji kuaci, wijen, dan biji bunga matahari. Kacang-kacangan merupakan sumber zat besi yang baik, sehingga bisa membantu mengembalikan keseimbangan tubuh

7. Cokelat 


Alasan mengapa cokelat baik untuk dikonsumsi selama haid adalah karena cokelat mengandung magnesium, nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh wanita saat sedang haid. 

8. Buah-buahan 


Plum, berries, dan semangka merupakan beberapa buah yang baik dikonsumsi selama haid. Selain membantu melancarkan aliran darah, buah-buahan ini juga membantu mengurangi kram. (detikhealth)


BACA JUGA : 

Atasi Nyeri Haid Dengan Bahan Alami Ini 

Ini Cara Alami Atasi Menstruasi Tak Lancar 

Ini Dia Nutrisi Terbaik Wanita

No comments:

Post a Comment

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.