Apa Itu Karbo Baik dan Karbo Jahat?


Apakah perbedaan pasti antara karbohidrat baik dan karbohidrat jahat? Jawaban singkatnya adalah, “Karbo (karbohidrat) baik adalah segala macam yang baik untuk tubuh, sedangkan karbo jahat bersifat sebaliknya.” Namun, tentunya ada penjelasan lebih dalam dari sekadar kalimat tersebut. Untuk itu, berikut akan kita ulas.

Pada dasarnya, karbohidrat terbagi dua, yaitu karbohidrat sederhana seperti gula dari buah (fruktosa), gula jagung atau anggur (dektrosa atau glukosa) atau gula meja (sukrosa) dan karbohidrat kompleks yang terdiri dari tiga atau lebih jenis gula. Karbohidrat kompleks lebih sehat untuk tubuh karena memerlukan “usaha” lebih untuk mengurainya.

Ada juga sistem baru yang disebut indeks glisemik yang mengklasifikasikan karbohidrat berdasarkan seberapa cepat dan seberapa tinggi karbohidrat tersebut meningkatkan kadar gula dalam darah. Makanan dengan indeks glisemik rendah seperti roti putih menyebabkan naiknya gula darah dengan cepat. 

Sementara itu, makanan dengan indeks glisemik rendah seperti gandum utuh, dicerna lebih lambat, 
menyebabkan gula darah turun.

Menurut Harvard School of Public Health, ada lima saran cepat dalam mengonsumsi karbohidrat:
  1. Mulailah hari dengan biji-bijian. Cobalah sereal panas, seperti gandum kuno, atau sereal dingin dengan topping gandum.
  2. Gunakan roti gandum untuk makan siang atau camilan.
  3. Makanlah nasi cokelat, berry gandum, pasta gandum, atau jenis gandum lainnya untuk makan malam. Jangan konsumsi kentang.
  4. Pilihlah buah utuh dibandingkan jus. Jeruk mengandung serat dua kali lebih banyak dan gula setengah lebih sedikit dibandingkan 350 gram jus jeruk.
  5. Kantungilah kacang-kacangan untuk camilan, karena kacang merupakan sumber karbohidrat yang dicerna secara perlahan dan mengandung banyak protein. 
 (intisari)
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.