Ini Cara Alami Atasi Menstruasi Tak Lancar

Menstruasi adalah perubahan fisiologis yang akan dialami wanita setiap bulan, 12 kali dalam setahun. 

Sebagai bagian dari proses reproduksi, menstruasi tidak sekadar datang menyapa lalu pergi begitu saja, banyak wanita yang harus mengalami permasalan mulai dari nyeri saat datang haid hingga menstruasi tak lancar. 

Haid tidak teratur bisa karena genetik atau bisa juga karena masalah alat kontrasepsi yang digunakan. Darah haid yang sedikit atau tidak lancar juga bisa disebabkan oleh karena kurangnya hormon estrogren dan progesteron atau kurang darah (anemia). 

Mengatasi masalah haid tidak yang tidak teratur bisa dilakukan dengan berbagai, salah satunya adalah dengan menggunakan cara-cara alami yang memiliki sedikit efek samping, seperti dilansir Medicmagic. Apa saja? 

Perubahan diet 

Menjauhkan diri dari makanan pedas dan mengurangi konsumsi gorengan, dapat membantu Anda mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Batasi juga konsumsi permen dan makanan manis seperti cokelat dan kue. 

Kelebihan berat badan bisa menjadi alasan mengapa siklus menstruasi seseorang tidak teratur dan oleh karena itu, perubahan pola makan dapat membantu mencegah kenaikan berat badan serta masalah menstruasi yang dihasilkan. Selain itu, hindari minum minuman berkafein dan alkohol. 

Konsumsi teh dan rempah-rampah 

Blender-lah rempah-rempah seperti ketumbar, jahe dan daun teh untuk membuat pasta. Jika Anda tidak suka dengan rasa campuran ini, tambahkan lemon, madu, atau susu agar rasanya lebih enak. 

Masaklah makanan dengan menambahkan beberapa sendok pasta tersebut sebagai bumbu tambahan. Para ahli herbal menyarankan agar Anda menggunakan rempah-rempah yang segar untuk membuat pasta. 

Konsumsi buah-buahan 

Anggur adalah salah satu buah yang paling efektif untuk mengatasi menstruasi tertunda. Asupan reguler dari jus anggur ini atau dimakan langsung bisa memperbaiki siklus. Selain anggur, konsumsi jus lidah buaya juga bisa membantu tubuh mempertahankan siklus menstruasi secara teratur. 

Minum air hangat 

Banyak wanita yang mengaku bahwa nyeri atau sakit saat menstruasi berkurang jika mereka mengonsumsi minuman atau makanan hangat (atau hangat yang sedikit panas). Mengonsumsi jahe hangat atau sup bening hangat bisa menjadi pilihan Anda. 

Kurangi stres dan perbaiki status gizi 

Cobalah untuk lebih bersantai dan menikmati hidup. Istirahatlah yang cukup di malam hari. Ubahlah pola makan Anda agar lebih seimbang dengan meningkatkan asupan karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran dan air. (inilah)











 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.