Serat Tak Hanya Sebatas Makanan Diet

Dietary fiber atau makanan berserat adalah komponen penting yang dibutuhkan untuk tubuh. Oleh karena itu, banyak dokter menekankan pentingnya diet serat dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi serat merupakan cara alami untuk mencegah konstipasi. Hal ini dikarenakan serat menyerap air saat melewati saluran pencernaan sehingga tekstur feses menjadi lebih lunak. 

Yang lebih ironis, tidak semua orang mendapatkan asupan serat yang cukup dalam tubuh. Padahal, wanita harus mengkonsumsi 25 gram serat perhari, sedangkan kaum pria membutuhkan 35 hingga 40 gram per hari. Saat ini, hampir sebagian orang hanya memiliki asupan serat 15 gram per hari. 

Bagaimana dengan Anda? Sudahkan Anda mencukupi asupan serat hari ini? Berikut ini adalah lima manfaat serat yang untuk kesehatan, seperti dilansir Huffington Post

Menjaga kesehatan usus besar 

Diet tinggi serat memang tidak memiliki hubungan langsung dengan pencegahan kanker usus besar. Namun, hal tersebut tidak berarti serat tidak penting bagi kesehatan usus besar. Diet tinggi serat mencegah wasir dan diverticuli, yaitu timbulnya 'kantung' di sepanjang usus besar yang dapat menyebabkan divertikulitis, kondisi di mana usus meradang atau terinfeksi. Ini adalah penyakit umum dan tergolong ringan, tetapi dapat menyebabkan komplikasi usus besar. 

Menurunkan kolesterol 

Serat memiliki peran penting untuk mengurangi lipoprotein yang kurang padat atau kolesterol buruk. Konsumsi serat yang cukup menurunkan kolesterol jahat (LDL) tanpa mengurangi kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini karena pangan berserat tinggi biasanya mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang rendah. 

Membantu mencegah diabetes 

Mengkonsumsi banyak serat juga memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah serta membantu mengatur kadar gula darah. Hal ini sangat penting terutama bagi mereka yang menderita diabetes atau rentan mengidap penyakit diabetes. Sebuah studi menunjukkan, orang yang melakukan diet tinggi serat dapat membantu penurunan risiko mengembangkan diabetes tipe 2. 

Melancarkan penurunan berat badan 

Serat baik untuk diet. Konsumsi serat akan membuat seseorang terasa kenyang dan mencegah rasa lapar. Oleh karena itu, serat sering menjadi makanan wajib saat diet. 

Mencegah serangan jantung 

Diet tinggi serat banyak dihubungkan dengan penurunan risiko mengidap penyakit jantung kronis. Faktanya, salah satu penelitian yang dilakukan di Harvard University pada 40 ribu pria dewasa yang melakukan diet tinggi serat mengalami penurunan risiko penyakit jantung sebanyak 40 persen, jika dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan rendah serat. Penelitian juga mengatakan bahwa serat dapat membantu menyembuhkan peradangan dan mengurangi tekanan darah. (viva)











 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.