Osteoporosis pada Pria

Tidak selamanya penyakit kerapuhan tulang atau osteoporosis diderita oleh kaum perempuan. Osteoporosis juga bisa diderita kaum laki-laki. Penyebabnya bisa karena kekurangan kalsium yang sudah diderita sejak dalam kandungan, kekurangan hormon gonaroid, hingga penggunaan obat-obat tertentu. 

"Penggunaan steroid terlalu lama misalnya pada obat asma dapat menyebabkan osteoporosis," ujar Spesialis Gizi Klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fiastuti Witjaksono, dalam seminar tentang susu di Hotel Mulia. 

Pemberian kortikosteroid yang dilakukan secara sistematis dan terus menerus dapat menghilangkan massa tulang yang cukup berarti. Resiko kehilangan tulang yang terbesar terjadi dalam kurun waktu enam hingga 12 bulan pertama. Pada tahap penggunaan steroid pertama kali penurunan massa tulang bisa mencapai 12 persen. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kortikosteroid atau steroid untuk pengobatan penyakit tertentu menginduksi tulang. Antara lain karena glukokortikoid yang merupakan bagian dari kortikosteroid menurunkan pembentukan tulang dan memperlambat, bahkan menurunkan regenerasi tulang. 

Steroid bahkan juga meningkatkan penyerapan tulang sekunder terhadap penurunan kadar gonadotropin atau hormon yang ada pada pria. Steroid bahkan juga terbukti memicu kekurangan kalsium dengan mengurangi penyerapan kalsium di usus dan malah meningkatkan eksresinya di ginjal. (tempo)


Artikel Terkait : Tiens Glucosamin Capsules ~ Kapsul untuk Kesehatan Persendian
 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.