Jenis-jenis Asupan yang Harus Dihindari Usai Olahraga

Setelah melatih fisik, kebanyakan orang akan segera mencari asupan untuk memuaskan rasa lapar dan haus yang terpicu dari latihan fisik. Hal ini terjadi, karena tubuh mencoba mencari pengganti kalori yang terbakar. Namun, sayangnya, tak semua makanan dan minuman baik untuk dikonsumsi usai berolahraga. 

Berikut ini beberapa jenis asupan makanan dan minuman yang tidak direkomendasikan untuk diasup usai olahraga: 

Sayuran mentah 

Meski memang, sayuran mentah baik untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya, namun, sayuran mentah tak cukup untuk mengembalikan kebutuhan nutrisi tubuh usai latihan fisik yang berat. 

Sayuran mentah bukan makanan yang tepat untuk menstabilkan tubuh usai latihan fisik, karena tak mengandung kalori yang cukup untuk mengembalikan energi atau menjaga tingkat metabolis tubuh. 

Minuman bersoda 

Minuman berpemanis buatan dan bersoda memang sangat menggoda untuk diminum usai latihan fisik yang sangat melelahkan. Sayangnya, minuman ini adalah yang paling harus dihindari untuk dikonsumsi usai latihan fisik. 

Minuman bersoda umumnya mengandung pemanis buatan dalam jumlah tinggi. Ini bisa memperlambat metabolisme tubuh. Bila Anda berencana menurunkan berat badan, mengkonsumsi minuman bersoda justru kontraproduktif. Lebih disarankan untuk mengkonsumsi minuman dengan elektrolit untuk mengembalikan hidrasi tubuh. 

Makanan bergaram 

Keripik kentang atau makanan lain yang kaya kandungan garam memang sangat menggoda, namun, kandungan garam yang berlebih pada makanan-makanan itu busa menurunkan level potasium dalam tubuh. 

Potasium adalah mineral penting untuk sel-sel tubuh menjalankan fungsinya. Karenanya, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung garam usai olahraga. Bila sangat ingin, sebaiknya makan keripik panggang yang tidak diberi tambahan garam. 

Manisan dan cokelat 

Cokelat, khususnya cokelat dengan susu, serta makanan manis sebaiknya dihindari karena tidak memberikan manfaat apa pun untuk tubuh usai berolahraga. 

Kandungan gula pada kedua jenis makanan ini sangat tinggi, begitu pun dengan kalori, serta nilai nutrisi yang sangat rendah. Malah, lebih bermanfaat minuman cokelat karena mengandung kalsium yang dibutuhkan tubuh. 

Telur goreng 

Telur pada dasarnya adalah makanan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi, karena mengandung protein dan nutrisi, seperti kolin, yang bagus untuk jantung. 

Namun, ketika telur digoreng, biasanya dimasak menggunakan lemak tertentu, seperti mentega. Jadi, bila pun ingin mengkonsumsi telur, sebaiknya makan yang dimasak dengan cara direbus. Nutrisinya sama, tanpa tambahan lemak jenuh. 

Sereal 

Sereal bisa menjadi jebakan. Sebagian sereal memang baik untuk kesehatan, namun, ada pula yang mengandung gula dalam jumlah besar, demikian kata studi yang dikutip dari situs Healthmeup. Ada beberapa sereal kemasan yang mengandung gula jauh lebih banyak dari cokelat batangan. Kadang, pada jenis sereal tertentu, serat yang terkandung di dalamnya sudah tak ada lagi, begitu pun dengan mineral dan vitaminnya. Jadi, lebih baik untuk menghindari konsumsi serealia usai latihan fisik. (beritasatu)


SUPLEMEN PENDUKUNG : 

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.